Kemendag Diminta Razia Mainan Anak Tak Ber-SNI

Kementerian Perdagangan diminta segera merazia peredaran mainan anak yang belum berstandar nasional.

NASIONAL

Rabu, 30 Apr 2014 10:32 WIB

Author

Ade Irmansyah

Kemendag Diminta Razia Mainan Anak Tak Ber-SNI

Mainan anak, SNI, BSN, Kementerian Perdagangan, Razia

KBR68H, Jakarta – Kementerian Perdagangan diminta segera merazia peredaran mainan anak yang belum berstandar nasional. Menurut Badan Standarisasi Nasional, hari ini mestinya mainan anak yang tak ber-SNI tidak lagi beredar di pasar. Deputi Penerapan Standar dan Akreditasi BSN Suprapto mengatakan, razia perlu dilakukan segera untuk menjamin keselamatan dan kesehatan konsumen mainan anak.


BSN juga meminta masyarakat aktif melapor ke pemerintah jika masih menemukan mainan anak yang tidak ber-SNI.(Baca: Industri Kecil Sulit Dapat SNI Mainan Anak)


“Koordinasi antara yang memutuskan regulasi yaitu Kementerian Perindustrian dengan instansi pengawas pasar harus sudah dilakukan sebelum itu berlaku. Diperlukan sikap proaktif dari masyarakat, yaitu konsumen sebagai pengguna akhir. Kalau menemukan barang belum ber-SNI artinya belum dijamin keamanannya. Yang paling tepat adalah melaporkan atau komplain terhadap direktorat pengawasan barang beredar di Kementerian Perdagangan,” ujarnya kepada KBR68H dalam acara saparan pagi.


Mulai hari ini, beberapa jenis mainan anak tak ber-SNI dilarang beredar. Hal ini dilakukan sebagai upaya melindungi anak-anak dari masalah keamanan, keselamatan, dan kesehatan. Penerapan ini sesuai dengan peraturan No 24 Tahun 2013 tentang pemberlakuan SNI untuk mainan anak-anak yang diterbitkan Kementerian Perindustrian.


Editor: Sutami

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Eps.6: Kuliah di Perancis, Cerita dari Dhafi Iskandar

Insiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarkat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak