Bagikan:

BPS Prediksi Harga-harga Turun di April

KBR68H, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) memprediksi pada bulan April secara umum Indonesia akan mengalami deflasi atau penurunan harga.

NASIONAL

Selasa, 01 Apr 2014 18:27 WIB

BPS Prediksi Harga-harga Turun di April

BPS, deflasi, ekonomi, bahan pokok

KBR68H, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) memprediksi pada bulan April secara umum Indonesia akan mengalami deflasi atau penurunan harga.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, BPS, Sasmito Hadi Wibowo mengatakan, penyebabanya karena  puncak panen komoditi pertanian  akan terjadi pada bulan ini. Akibatnya  jumlah komoditi meningkat sehingga harga dapat ditekan sampai  terjadi deflasi atau penurunan harga.

"Saya kira iya (April deflasi). Seharusnya kan Maret ini deflasilah karena tidak ada gejolak apa-apa. Ternyata masih inflasi. Setelah kita lihat ini panen kita ternyata belum puncaknya. Puncaknya agak bergeser kemungkinan besar April. Karena (Maret) di beberapa tempat masih ada yang gagal panen dan mengulang lagi. Jadi kemungkinan bergeser ke April deflasinya kalau tidak terjadi apa-apa," ujarnya di Gedung BPS Jakarta, Selasa (1/4).

Sasmito Hadi Wibowo menambahkan deflasi April ini diperkirakan tidak akan terlalu tinggi mengingat pada bulan Maret, secara umum Indonesia masih mengalami inflasi. Sebelumnya BPS mencatat angka inflasi di bulan Maret 2014 berada di level 0,08 persen atau menurun dari bulan sebelumnya 0,26 persen.

Ketua BPS, Suryamin mengatakan penurunan ini disebabkan oleh  perbaikan harga bahan makanan di sejumlah kota di Indonesia.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Jalan Berliku Warga Ibu Kota Dapatkan Udara Bersih