Wapres: PLTP Sarulla Hemat Subsidi Listrik 9 Miliar Per Hari

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla di Tapanuli, Sumatera Utara diperkirakan mampu menghemat biaya subsidi listrik lebih dari Rp 9,8 miliar perhari.

NASIONAL

Kamis, 11 Apr 2013 14:43 WIB

Author

Eli Kamilah

Wapres: PLTP Sarulla Hemat Subsidi Listrik 9 Miliar Per Hari

Wapres, PLTP Sarulla

KBR68H, Jakarta - Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla di Tapanuli, Sumatera Utara diperkirakan mampu menghemat biaya subsidi listrik lebih dari Rp 9,8 miliar perhari.

Wakil Presiden Boediono mengatakan, selain menghemat subsidi, listrik dari panas bumi juga mampu mengurangi emisi karena lebih ramah lingkungan.

“Sarulla ini telah disepakati 6,79 sen US dolar pe kwh, sangat murah. Kalau dalam hitung-hitungan saya, bisa menghemat subsidi listrik Rp 4 triliun pertahun. Dari segi non keuangan bisa menghemat atau mengurangi emisi CO2. Ini sangat penting, kontribusi kita dalam pemanasan global dalam dunia internasional. Kira-kira 1 juta ton CO2 pertahun bisa dikurangi,” kata Boediono di Kantor Wapres Jakarta, Kamis (11/04).

Proyek PLTP Sarulla di Tapanuli Sumatera Utara merupakan pembangkit listrik dengan nilai investasi sekitar 1,5 miliar US dolar atau sekitar Rp 14,5 triliun. Proyek PLTP tersebutsempat dihentikan tahun 1997 akibat krisis ekonomi dan mulai berjalan lagi sejak tahun 2003. Proyek ini diperkirakan bakal beroperasi pada 2016 mendatang.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Mahkamah Konstitusi Gelar Sidang Perdana, Perselisihan Hasil Pemilu

10 Tahun UU Narkotika: Seperti Apa Implementasinya?

Sidang Perdana Sengketa Pemilu

Cek Fakta: Misleading Content KPU Panik

What's Up Indonesia