Susno Akan Laporkan Kejakgung ke Dewan HAM PBB

KBR68H, Jakarta - Terpidana korupsi dana pengamanan Pilkada Jawa Barat, Susno Duadji mengancam akan mengadukan Kejaksaan Agung ke Dewan HAM PBB.

NASIONAL

Minggu, 28 Apr 2013 15:19 WIB

Author

Indra Nasution

Susno Akan Laporkan Kejakgung ke Dewan HAM PBB

Susno Duadji, Putusan MA, Mengapa sulit dieksekusi, mengadu ke PBB

KBR68H, Jakarta - Terpidana korupsi dana pengamanan Pilkada Jawa Barat, Susno Duadji mengancam akan mengadukan Kejaksaan Agung ke Dewan HAM PBB.

Ancaman itu akan dilakukan jika Kejaksaan Agung tetap memaksa kliennya dieksekusi dan dipenjarakan.

Pengacara Susno, Fredrich Yunadi mengatakan rencana pemenjaraan terhadap kliennya tidak sah. Sebab vonis MA tidak mencantumkan perintah bahwa terpidana tetap ditahan.

"Saya sedang menyusun surat permohonan perlindungan ke HAM PBB seperti kasus Munir. Saya akan ramaikan di media, saya akan memberi tahukan beginilah cara kerjanya aparat penegak hukum yang ada di Indonesia, yang terang-terangan memperkosa hukumnya sendiri. Nanti biar saja internasional yang menilai," kata Fredrich Yunadi.

Sudah tiga kali Kejaksaan Agung gagal mengeksekusi penjara Susno Duadji. Terakhir, Kejaksaan gagal menangkap Susno di rumahnya di Bandung. Susno mendapat perlindungan dari Kepolisian Jawa Barat.

Kejaksaan Agung kini tengah menjadwalkan ulang eksekusi Susno.

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sebelumnya menyatakan Susno bersalah dalam dua kasus korupsi dan dihukum 3,5 tahun penjara. Putusan PN Jakarta Selatan ini dikuatkan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Susno mengajukan banding dan kasasi. Namun upaya hukum tersebut ditolak.

Susno Duadji menolak dieksekusi, karena putusan kasasi MA tidak menyebutkan ada pasal pelaksanaan penahanan.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Valentino Rossi Akan Kembali Ke Arena Balap Pada MotoGP Eropa

Kisruh Rencana Pengadaan Mobil Dinas Pimpinan KPK

Kabar Baru Jam 7

Nakesku Sayang, Nakesku Malang

Eps3. Ketika Burgermu Memanaskan Bumi