NASIONAL

Pengamat : Pengawasan Internal Dirjen Pajak Lemah !

Pengamat : Pengawasan Internal Dirjen Pajak  Lemah !
suap, pajak, pengamat

KBR68H, Jakarta -  Lemahnya  pengawasan dari Direktorat Jenderal Pajak disinyalir menjadi sebab utama pegawai pajak melakukan korupsi dan praktek suap.

Pengamat Korupsi Universitas Indonesia Akhiar Salmi menyarankan agar Dirjen Pajak bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi KPK untuk mengawasi praktek suap. Menurutnya,  lemahnya pengawasan interna masih wajar karena DItjen Pajak tidak bisa mengawasi seluruh pegawainya.

" Hak sadap ini mutlak dipertahankan jangan dihambat dalam KUHP yang baru itu. karena kan terbukti masih banyak yang tertangkap itu karena pengawasan dari Dirjen tidak akan bisa sepenuhnya mengcover semua pegawai pajak. Saya yakin ini tangkapan karena penyadapan juga," kata Akhiar saat dihubungi KBR68H.

Sebelumnya Komisi Pemberantasan Korupsi menangkap tangan satu orang pegawai pajak dan dua orang pihak swasta terkait penyuapan pajak. Ketiganya ditangkap di stasiun Gambir, Jakarta dan Depok, Jawa Barat. Disita juga sejumlah uang bernilai ratusan juta rupiah.

  • suap
  • pajak
  • pengamat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!