Pembalakan Liar Marak Jelang Pemilu 2014

Koalisi Anti Mafia Hutan memperkirakan pembalakan liar (illegal loging) bakal marak jelang Pemilu 2014.

NASIONAL

Rabu, 24 Apr 2013 08:27 WIB

Author

muhammad Irham

Pembalakan Liar Marak Jelang Pemilu 2014

pembalakan liar, pemilu 2014

KBR68H, Jakarta - Koalisi Anti Mafia Hutan memperkirakan pembalakan liar (illegal loging) bakal marak jelang Pemilu 2014.

Anggota Koalisi Anti Mafia Hutan, Emerson Yuntho mengatakan, kepala daerah yang memiliki hubungan dengan partai politik akan berlomba mencari dana kampanye untuk membantu partainya melaui praktik pembalakan liar. Dia meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) giat mengawasi potensi illegal loging, terutama jelang Pemilu 2014.

"Partai politik butuh uang untuk kampanye. Nah, salah satu cara yang bisa mereka gunakan adalah memanfaatkan jabatan, fasilitas berpengaruh mereka. Entah kepada kader mereka yang punya jabatan kepala daerah, kepala dinas, meraup keuntungan-keuntungan yang diambil dari sumberdaya alam, untuk dana kampanye," kata Emerson kepada KBR68H.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Busyro Muqaddas menyatakan 12 kementerian/lembaga terlibat dalam praktik pembalakan liar. Busyro mengaku kewalahan memberantas praktik yang merugikan negara ini lantaran dibekingi partai politik.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18