Menhan : Kasus Cebongan Bukan Pelanggaran HAM

Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro menegaskan kasus pembunuhan di penjara Cebongan, Sleman, Yogyakarta bukan pelanggaran HAM.

NASIONAL

Kamis, 11 Apr 2013 21:48 WIB

Author

Yudi Rahman

Menhan : Kasus Cebongan Bukan Pelanggaran HAM

ham, cebongan, menhan

KBR68H, Jakarta – Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro menegaskan kasus pembunuhan di penjara Cebongan, Sleman, Yogyakarta bukan pelanggaran HAM.

Dia menilai, pembunuhan yang dilakukan 11 prajurit Komando Pasukan Khusus itu adalah kasus kriminal. Purnomo  memastikan, seluruh prajurit itu akan diadili di Pengadilan Militer dan dijatuhi hukuman berat.

“Ini adalah bukan pelanggaran HAM, jadi saya ingin menegaskan bahwa ada saran dan usul untuk dikenakan UU Pengadilan HAM, UU No. 26 tahun 2000. Kami mengambil sikap kami tidak sependapat dan tidak setuju seperti apa yang diangkat dalam pasal 9, bahwa tidak ada kebijakan dari pimpinan di dalam peristiwa Cebongan. Dan itu bukan peristiwa genocide,” jelas Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Kantornya.

Sebelumnya, keluarga 4 korban pembunuhan di penjaran Cebongan, Sleman, Yogyakarta mendesak Komnas HAM untuk membawa kasus tersebut ke pengadilan HAM ad hoc. Pembunuhan itu dilakukan 11 prajurit Komondo Pasukan Khusus Gorup 2 Kandang Menjangan, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Akibat Pandemi, Angka Kehamilan dan Pernikahan di Jepang Turun

Survive Corona ala Gue

Bias Kognitif Dalam Masyarakat Saat Pandemi

Eps4. Berhitung Plastik pada Kopi Senja

Seribu Jalan Penolak Undang-undang Cipta Kerja