NASIONAL

LSM Fitra : Ada Kongkalikong Dalam Tender Percetakan Soal Ujian Nasional

LSM Fitra : Ada Kongkalikong Dalam Tender Percetakan Soal Ujian Nasional


KBR68H,Jakarta- LSM FITRA meminta Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) menyelidiki pelaksanaan tender naskah ujian nasional. Koordinator Investigasi dan Advokasi FITRA Uchok Sky Khadafi menduga ada praktek kongkalikong antara Kemendikbud dengan perusahaan pemenang tender. Kata Ucok, bentuk kongkalikong tersebut yaitu dimenangkannya PT Ghalia Indonesia Printing walaupun menawarkan harga yang lebih tinggi dibandingkan peserta tender lainnya.


"Dalam paket 3 ini alokasi anggaran itu sebesar 27,1 miliar dan lalu tender ini dimenangkan PT Ghalia Indo dengan penanwaran 22,4 miliar. Ternyata penawaran Ghalia ini terlalu tinggi dan mahal dibandingkan dengan perusahaan lain yang penawarannya lebih murah tapi dikalahkan."ujar Uchok Sky Khadafi saat dihubungi KBR68H


Koordinator Investigasi dan Advokasi FITRA Uchok Sky Khadafi menambahkan saat proses tender, ada 3 perusahaan yang menawarkan harga lebih murah dibandingkan PT Ghalia. Tiga perusahaan tersebut yaitu PT Aneka Ilmu yang menawarkan Rp17 miliar, PT Jasuindo Tiga Perkasa Rp 21 miliar dan PT Balebat Dedikasi Prima sebesar Rp 21 miliar.


  • Ujian Nasional
  • Kongkalingkong Percetakan Soal
  • LSM Fitra

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!