KPPU Periksa Kementan Terkait Dugaan Kartel Bawang Putih

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) hari ini memeriksa pihak Kementerian Pertanian dalam kasus praktik kartel bawang putih.

NASIONAL

Jumat, 05 Apr 2013 14:40 WIB

Author

Danu Mahardika

KPPU Periksa Kementan Terkait Dugaan Kartel Bawang Putih

kartel, kppu, polisi, bawang putih

KBR68H, Jakarta - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) hari ini memeriksa pihak Kementerian Pertanian dalam kasus praktik kartel bawang putih.

Kepala Subdit Sarana dan Kelembagaan Pemasaran Internasional Ditjen P2HP Kementerian Pertanian, Muchtar Okta mengatakan, dalam pemeriksaan dirinya ditanyai seputar mekanisme pemberian Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) kepada para perusahaan importir.

"Ya ditanyain aja, masalah RIPH itu, masalah bawang putih. Kita sudah laksanakan sesuai Permentan yang ada, sesuai dengan peraturan yang ada. Kalau terjadi keterlambatan pengeluaran perizinan itu kan suatu hal yang masih bisa ditolerir, masih wajar karena kan ada faktor-faktor yang diluar kendali kita juga istilahnya," kata Okto saat ditemui usai diperiksa KPPU, Jumat (5/4).

Sebelumnya, KPPU mengaku sudah memiliki bukti-bukti yang mengindikasikan adanya praktik kartel bawang putih. Bukti tersebut didapat setelah KPPU memeriksa lima perusahaan importir bawang putih.

Beberapa pekan lalu sempat terjadi lonjakan harga bawang putih di pasaran. Lonjakan ini disebabkan langkanya bawang putih di pasar. Kebutuhan bawang putih di dalam negeri saat ini sebagian besar dipenuhi dari bawang putih impor.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Eps.2: Kuliah di UK, Cerita dari Rizki Putri Part 2

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17