NASIONAL

Kemendikbud Akui Tak Cetak Soal UN untuk Tunanetra

"Pemerintah Pusat mengaku tidak menyediakan soal Ujian Nasional untuk pelajar tunanetra."

Pebriansyah Ariefana

Kemendikbud Akui Tak Cetak Soal UN untuk Tunanetra
ujian nasional, tunanetra

 KBR68H, Jakarta - Pemerintah Pusat mengaku tidak menyediakan soal Ujian Nasional untuk pelajar tunanetra. Juru Bicara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ibnu Hamad mengatakan penyediaan soal UN huruf braille menjadi tanggungjawab dinas pendidikan di daerah. Sehingga dalam pengadaan soal UN, Kemendikbud hanya memesan soal huruf alfabet.

"Kalau yang sekolahnya di SLB, itu kan lokasinya khusus untuk adik-adik kita yang tunanetra, khusus berkumpul di situ, itu biasanya terfasilitasi. Itu kan biasanya kan sudah semuanya didrop ke sana. Diinklusi itu kadang-kadang sudah disediakan oleh panitia. Pertanyaan dibacakan, ditunggu sampai menjawab, kemudian diisikan," kata Ibnu Hamad saat dihubungi KBR68H Jakarta, Selasa (16/4).

Juru Bicara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ibnu Hamad menambahkan tidak disediakannya lembaran soal UN huruf braile karena perusahaan pemenang tender pencetak soal UN tidak mempunyai alat cetak huruf braille.  Sebelumnya peserta UN di Kota Surakarta, Jawa Tengah  mengeluh tidak ada soal UN huruf braille. Pesarta UN itu ada di SMK 8 dan SMA 8 Surakarta. Mereka mengerjakan UN dengan menggunakan soal alfabet dengan dibantu gurunya.

  • ujian nasional
  • tunanetra

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!