Diperkirakan Merugi, PT Pos Indonesia Minta Bantuan Pemerintah

PT Pos Indonesia meminta tambahan subsidi kepada Pemerintah. Direktur Utama PT Pos Indonesia I Ketut Mardjana mengatakan, perusahaan BUMN itu diperkirakan akan merugi sebesar Rp124 miliar pada tahun ini. Subsidi pemerintah berupa dana Kewajiban Layanan Pu

NASIONAL

Selasa, 09 Apr 2013 15:24 WIB

Author

Guruh Dwi Riyanto

Diperkirakan Merugi, PT Pos Indonesia Minta Bantuan Pemerintah

pt pos, rugi, bantuan pemerintah, subsidi

KBR68H, Jakarta – PT Pos Indonesia meminta tambahan subsidi kepada Pemerintah. Direktur Utama PT Pos Indonesia I Ketut Mardjana mengatakan, perusahaan BUMN itu diperkirakan akan merugi sebesar Rp124 miliar pada tahun ini. Subsidi pemerintah berupa dana Kewajiban Layanan Publik atau PSO tidak menutupi biaya operasional. Di sisi lain PT Pos tetap diwajibkan menjalankan Layanan Pos Universal, yaitu layanan pos yang bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

"Sehingga terjadi potensi selisih dalam menyelenggarakan tugas negara ini untuk 2013 adalah 123 miliar rupiah. Kalau ini tidak dilakukan, maka akan terjadi kerugian sebanyak 536 miliar sejak 2003, " demikian Direktur Utama PT.Pos Indonesia I Ketut Mardjana ketika rapat dengan Komisi Informasi DPR.

Direktur Utama PT Pos Indonesia I Ketut Mardjana menambahkan, perusahaan perseroan milik Pemerintah itu juga sulit berkembang. Itu disebabkan adanya aturan Kementerian Keuangan yang melarang PT Pos menagih Pemerintah atas kerugian itu.

Tahun lalu PT Pos Indonesia mendapat subsidi dana PSO sebesar Rp300 miliar rupiah lebih. Subsidi itu sebagai kompensasi atas kewajiban PT POS menjalankan kewajiban negara melayani hak komunikasi pos bagi masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kiat Menjalani Isolasi Mandiri bagi Remaja Terinfeksi COVID-19

Bantu Sesama di Masa Pandemi

Kabar Baru Jam 8

Demi Oksigen Somasi Dilayangkan