Bagikan:

35 Juta Anak Indonesia Tidak Punya Akta Kelahiran

Institut Kewarganegaraan Indonesia, IKI mencatat lebih dari 35 juta anak Indonesia tidak memiliki akta kelahiran.

NASIONAL

Jumat, 26 Apr 2013 22:20 WIB

35 Juta Anak Indonesia Tidak Punya Akta Kelahiran

akta kelahiran, anak, indonesia

KBR68H, Jakarta - Institut Kewarganegaraan Indonesia, IKI mencatat lebih dari 35 juta anak Indonesia tidak memiliki akta kelahiran. Ketua Umum IKI, Slamet Effendi mengatakan, sebagian orangtua kesulitan untuk mengurus akta kelahiran karena biaya dan proses admintrasi yang panjang. Kata dia, anak usia satu tahun ke atas harus mengurus akta tersebut melalui proses persidangan.

"Sebagai akibat dari pada itu, maka kita melihat bahwa akhir-akhir ini kita mencatat ada 44,09 % anak-anak Indonesia tanpa akte kelahiran. Itu konsen kami. Karena akta itu merupakan hak dan perlindungan untuk anak Indonesia," kata Slamet Effendi di kantor IKI Jakarta.

Ketua Umum IKI, Slamet Effendi menambahkan, biaya yang harus dirogoh orang tua cukup besar apabila melalui penetapan pengadilan. Kata dia, biayanya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Sementara, anak- anak yang tidak mempunyai akta kelahiran tergolong miskin.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Lampu Hijau untuk Ganja Medis?