covid-19

1 Mei, 1 Juta Buruh Turun ke Jalan

KBR68H, Jakarta - Majelis Pekerja Buruh Indonesia MPBI menargetkan satu juta buruh bakal turun ke jalan untuk peringati hari Buruh Sedunia atau May Day, 1 Mei mendatang.

NASIONAL

Jumat, 26 Apr 2013 08:56 WIB

Author

Dimas Rizky

1 Mei, 1 Juta Buruh Turun ke Jalan

hari buruh sedunia, 1 mei, turun ke jalan

KBR68H, Jakarta - Majelis Pekerja Buruh Indonesia MPBI menargetkan satu juta buruh bakal turun ke jalan untuk peringati hari Buruh Sedunia atau May Day, 1 Mei mendatang. Presidium MPBI Said Iqbal mengatakan buruh Sejabodetabek bakal mengepung Istana Negara. Sementara buruh di 20 provinsi lainnya, bakal menggeruduk kantor gubernur daerah masing-masing. Kata dia, salah satu hal yang akan dituntut adalah penolakan kenaikan BBM.

"Karena ada persoalan BBM, jadi kita yang pertama adalah tolak kenaikan BBM. Kita gak setuju karena dua ribu rupiah yang direncanakan kenaikan BBM, walaupun hanya untuk mobil pribadi, itu implikasinya sudah kita hitung. Paling tidak 30 persen daya beli buruh akan turun. Karena itu kita menolak kenaikan BBM," ujar Said saat dihubungi KBR68H.

Dia menambahkan empat tuntutan lainnya yang bakal diusung buruh diantaranya jalankan jaminan kesehatan awal tahun depan, tanpa syarat. Selain itu buruh juga menolak upah murah dengan menaikkan Kebutuhan Hidup Layak KHL menjadi 84 item dari 60 item.

Di Jakarta selain menyasar Istana Negara, buruh rencananya bakal disebar ke sejumlah kementerian diantaranya Kemenkoperkonomian, ESDM dan Kemenkokesra.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Siapkan Pembelajaran Tatap Muka Digelar?

Kabar Baru Jam 8

Wisata Sehat di Tengah Pandemi

Desa Wisata Tak Kehilangan Pesona