Bagikan:

Waspada Gempa, Ada 13 Sesar Lokal Aktif di Pantura Jateng

Belasan sesar aktif tersebut berkekuatan 6,1 hingga 6,9 magnitudo.

NASIONAL

Jumat, 10 Mar 2023 20:22 WIB

Author

Anindya Putri

pantura

Ilustrasi alat pendeteksi gempa. (Foto: antaranews)

KBR, Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut ada 13 sesar lokal aktif berada di wilayah Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara, Jawa Tengah, Heri Susanto Wibowo mengungkapkan, belasan sesar aktif tersebut berkekuatan 6,1 hingga 6,9 magnitudo.

"Kemarin, baru saja dari Badan Geologi mengeluarkan peta. Ternyata Banjarnegara, Kebumen itu memanjang masih diteliti oleh ahli kegempaan masih ada sesar sesar yang aktif. Semuanya sama memiliki kekuatan yang hampir sama dengan skala kisaran 6,2 SR hingga 6,5 SR," ungkap Heri pada Jumat (10/3/2023).

Baca juga:

- Sepanjang 2023, BMKG: 1.079 Kali Gempa di Jayapura

- BMKG: 22 Gempa Merusak Sepanjang 2022

Heri juga menjelaskan, potensi gempa tersebar dari pantura Timur hingga pantura Barat. Antara lain, Sesar Baribis Kendeng yang meliputi segmen Brebes. Gempa dengan kekuatan itu mampu menyebabkan kerusakan di daerah padat penduduk.

“Potensi gempa itu memiliki bahaya. Tapi kapan waktunya, belum diketahui. Untuk itu, mitigasi dan antisipasi dini tetap diperlukan guna meminimalisasi risiko,” ujarnya.

Heri mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah sesar untuk berhati-hati dan waspada.

Editor: Fadli

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Most Popular / Trending