NASIONAL

Tekan Kenaikan Harga, Impor Daging Sapi dari Brasil

"Berdasarkan pemaparannya, daging sapi impor asal Brasil itu tak bisa digunakan untuk kebutuhan selama puasa Ramadan."

Ardhi Ridwansyah

sapi
Pedagang berjualan daging sapi di Los Daging Pasar Ciroyom, Bandung, Jawa Barat, (22/1/2021). (Foto: Antara/Novrian Arbi)

KBR, Jakarta – Guna menekan harga daging sapi yang tengah merangkak naik, pemerintah melalui ID Food mengimpor daging sapi dari Brasil sebanyak 100 ribu ton.

Wakil Satgas Pangan Polri, Helfi Assegaf mengatakan daging sapi impor dari Brasil itu baru akan tiba di Indonesia pada Mei 2023.

“Pemerintah sudah menugaskan ID Food untuk mengimpor daging sapi asal Brasil sebanyak 100 ribu ton dan membutuhkan waktu kurang lebih 40 hari perjalanan sehingga kemungkinan baru bisa datang pada bulan Mei,” kata Helfi dalam Rapat koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah bersama Kementerian Dalam Negeri, Senin (27/3/2023).

Berdasarkan pemaparannya, daging sapi impor asal Brasil itu tak bisa digunakan untuk kebutuhan selama puasa Ramadan.

Baca juga:

Terkena PMK, 400 Sapi Mati dan Dipotong Paksa di Jombang

Harga Daging Sapi Meroket, Pedagang Minta Subsidi Silang

Selain itu, Helfi mengatakan tren kenaikan harga bahan pokok masih menerpa cabai merah, bawang putih, telur ayam ras, dan daging ayam ras. Sedangkan bahan pokok yang masih jadi perhatian pemerintah yakni Minyakita dan Beras Bulog.

Berdasar dari situs hargapangan.id per hari ini (27/3/2023), harga daging sapi kualitas satu rata-rata nasional mengalami penurunan dari sebelumnya Rp138.850 kini menjadi Rp135.400. Sementara daging sapi kualitas dua juga sama dari sebelumnya Rp128.400 kini menjadi Rp128.150.

Editor: Fadli

  • Sapi
  • Brasil
  • Daging Sapi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!