NASIONAL

Survei: Pemberantasan Korupsi, KPK Raih Kepercayaan Masyarakat Tertinggi

"Menurut Djayadi, kepercayaan terhadap pemberantasan korupsi ditempati paling atas posisinya oleh KPK dengan skor 71 persen."

KPK

KBR, Jakarta - Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyimpulkan, tren kepercayaan terhadap lembaga penegakan hukum mengalami peningkatan per Februari 2023. Tren kepercayaan tertinggi ditempati Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menjelaskan, tren kepercayaan pada KPK dan Kejaksaan Agung mencapai 68 persen, disusul Pengadilan 66 persen, dan Polri 68 persen.

"Kalau terkait dengan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum di dalam menegakkan hukum, kalau yang tadi kan kepercayaan secara umum. Maka yang nomor satu adalah Kejaksaan, diikuti oleh Pengadilan, KPK, dan yang paling bawah Polisi," ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan pada rilis LSI "Kepercayaan Publik terhadap Lembaga Penegakan Hukum, Isu-isu Penegakan Hukum dan PSSI" di kanal Youtube LSI, Rabu (1/3/2023).

Menurut Djayadi, kepercayaan terhadap pemberantasan korupsi ditempati paling atas posisinya oleh KPK dengan skor 71 persen. Skor ini sekaligus menjadikan salah satu indikator peningkatan indeks kepercayaan terhadap KPK.

Baca juga:

- Sumber Kekayaan Tak Jelas, KPK Bisa Pidanakan Pejabat Negara

- Belasan Ribu Pegawai Kemenkeu Belum Lapor Harta kekayaan, DPR Khawatir Kepercayaan Wajib Pajak Turun

Di bidang penegakan hukum, Kejaksaan Agung mendapatkan 72,5 persen kepercayaan masyarakat. Sementara Kepolisian memperoleh 64 persen kepercayaan masyarakat.

Survei LSI dilaksanakan secara nasional pada 10-17 Februari 2023.

Editor: Fadli

  • KPK
  • survei LSI

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!