NASIONAL

Perencanaan Keuangan ketika Mengalami PHK

"Pemutusan hubungan kerja (PHK) pasti berdampak pada keuangan korbannya. Perencanaan keuangan matang harus dilakukan agar hidup bisa terus berjalan."

Jumat 03 Mar 2023, 19.00 WIB

KBR, Jakarta - PHK massal yang terjadi sejak akhir 2022 dan diprediksi masih berlanjut tahun ini, tentunya membuat banyak pekerja was-was. Agar kondisi keuangan tidak terguncang, perlu ada strategi pengelolaan keuangan sebagai antisipasi jikalau di-PHK.

Namun, bagi yang sudah terkena PHK, tentunya respon pertama adalah menenangkan diri. Maryadi Santana, certified financial planner, mengatakan, kondisi batin yang tenang mencegah dari pengambilan keputusan yang salah (panic decision).

“Terima dulu, proses itu dulu, baru kita pikirkan what’s next” ujar Maryadi.

Langkah berikutnya adalah mengecek kondisi keuangan dengan membuat daftar aset yang dimiliki. Kemudian, buatlah rancangan pengeluaran baru, karena pasti penyesuaian. Selanjutnya, bandingkan antara jumlah aset dengan biaya hidup yang harus ditanggung. 

“Pastikan dulu bisa untuk hidup berapa lama. Misalnya cuma dua bulan, berarti limit-nya harus punya penghasilan lagi sebelum dua bulan,” sebut Maryadi.

Baca juga: 

Strategi Atur Keuangan Freelancer Anti-Boncos

Bikin Keuangan Sehat Lewat Financial Check Up

Maryadi Santana, certified financial planner, bilang financial check up perlu dilakukan ketika terkena PHK. (Foto: dok pribadi)

Kata Maryadi, pilah kebutuhan berdasarkan tingkat prioritas. Nantinya akan tercipta pola hidup baru, yang bisa dijadikan patokan ketika mencari kerja. 

“Kita (misal) tahu nih gajinya lebih rendah dari yang kemarin. Tapi apakah lebih rendah dari pola yang baru? Jadi kita ketika offering tahu, (gaji) ini cukup atau enggak,” jelas Maryadi.

Maryadi menganjurkan jangan terlalu mengedepankan gengsi ketika berburu pekerjaan baru. Yang terpenting, dapur bisa kembali ngebul, meski, misalkan, tawaran gajinya lebih rendah dibanding penghasilan sebelumnya. 

Maryadi bilang, membangun komunikasi dengan kawan-kawan lama, juga bisa jadi jalan menuju peluang-peluang baru.

“Dunia itu lebih luas daripada perusahaan yang selama ini kita jalanin. Dan itu opportunity sebenarnya sudah disiapkan, tinggal kita ambil,” pungkas Maryadi.

Simak obrolan lengkapnya di Uang Bicara episode Perencanaan Keuangan ketika Mengalami PHK bersama Perencana Keuangan Maryadi Santana, dengarkan di KBR Prime, Spotify, Apple Podcast, dan platform mendengarkan podcast lainnya.