NASIONAL

Pekerja Food Estate Kalteng Tak Dibayar 3 Bulan

"Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalimantan Tengah menerima pengaduan adanya tenaga kerja program food estate (lumbung pangan) yang tidak bayar selama tiga bulan sampai saat ini."

food estate

KBR, Jakarta - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalimantan Tengah menerima pengaduan adanya tenaga kerja program food estate (lumbung pangan) yang tidak bayar selama tiga bulan sampai saat ini.

Manajer Advokasi dan Kajian Walhi Kalteng, Janang Firman mengatakan pihaknya menerima sejumlah aduan dari masyarakat terkait banyaknya permasalahan dalam program food estate dari Pemerintah.

Salah satunya terkait upah pekerja food estate yang tak kunjung dibayar hingga tiga bulan lamanya.

"Setelah itu juga ada permasalahan terkait ketenagakerjaan. Sudah merusak lahan, proyeknya gagal. Hasil monitoring kami dari keterangan beberapa warga menyatakan ada beberap perkerja disitu yang tidak dibayar. Sekitar tiga bulan tidak di bayar. Bahkan mereka pulang itu tanpa membawa bekal,” kata Janang, dalam diskusi Proyek Food Estate Kalimantan Tengah, di Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Baca juga:


Terkait dengan jumlah total dari upah yang tidak di bayar, Janang enggan menyebut secara rinci. Ia hanya menjelaskan upah pekerja food estate berbeda-beda, ada yang Rp2 juta perbulan, ada yang Rp3 juta perbulan, dan ada juga yang dibayar harian.

Janang Firman juga menyebut sejumlah tenaga kerja mengeluh lantaran tidak adanya kejelasan sistem kerja hingga dengan perhitungan upah yang tepat untuk para pekerja.

Janang menambahkan banyak dari pekerja food estate yang memilih pulang dan tidak melanjutkan kerjanya di program ini.

Editor: Agus Luqman

  • food estate
  • lumbung pangan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!