NASIONAL

Mau Mudik Lebaran Gratis? Kemenhub Siapkan Bus, Kereta dan Kapal

""Yang pertama untuk di wilayah pulau Sumatera ada dua kota berdasarkan hasil kerja dari BKT yaitu untuk kota Palembang dan Lampung.""

mudik gratis lebaran 2023
Ilustrasi: Pendaftaran mudik gratis saat lebaran 2022. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Kementerian Perhubungan telah menyiapkan kuota sebanyak 24.072 penumpang mudik gratis Lebaran 2023  dengan menggunakab bus. Mudik gratis disiapkan untuk mengurangi risiko kecelakaan pengendara sepeda motor. 

Direktur Angkutan Jalan Kemenhub Suharto merinci, sebanyak 18 ribu lebih penumpang untuk arus berangkat mudik, sedangkan lebih 5.500 kuota untuk penumpang arus balik dengan menggunakan bus.

Selain bus untuk penumpang, Kemenhub juga siapkan 30 truk untuk mengangkut 900   motor.

"Yang pertama untuk di wilayah pulau Sumatera ada dua kota berdasarkan hasil kerja dari BKT yaitu untuk kota Palembang dan Lampung. Kemudian untuk Jawa Barat ini ada tiga kota yaitu Garut, Tasikmalaya dan Cirebon. Sedangkan untuk di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta ini kami alokasikan sebanyak 18 kota yaitu untuk kota Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang," ucap Suharto dalam siaran daring, Senin, (13/03/2023).

Direktur Angkutan Jalan Kemenhub Suharto menambahkan, pendaftaran mudik gratis menggunakan bus telah dibuka mulai Senin (13/03).

Baca juga:

Pemudik gratis bisa  mengakses melalui MitraDarat. Kata Suharto, aplikasi itu bisa diunduh di App Store ataupun Play Store. Peserta mudik gratis harus memiliki dokumen kependudukan yang sah saat mendaftar, termasuk Kartu Tanda Penduduk (KTP). Ia menegaskan peserta hanya diizinkan memilih satu kota tujuan.

Program mudik gratis  dengan Bus akan diberangkatkan   mulai 17 hingga  19 April 2023 untuk arus mudik dan 27 hingga 28 April 2023 untuk arus balik. Waktu pendaftarannya berlangsung  mulai 13 Maret hingga14 April 2023.

Selain aplikasi Mitradarat masyarakat juga dapat mendaftar secara daring (online) melalui website  mudikgratis.dephub.go.id. Untuk  luring (offline) pendaftaran bisa dilakukan   di kantor Pusat Kemenhub Jakarta dan di beberapa simpul transportasi dan titik lokasi lainnya. Pendaftaran program mudik gratis sudah mulai dibuka pada bulan Maret sampai dengan Mei atau bisa diperpanjang sampai memenuhi kuota yang disediakan.

Selain bus, Kemenhub juga menyiapkan mudik gratis dengan Kereta Api denngan kapasitas hingga 46 ribu lebih penumpang dan 10 ribu lebih unit sepeda motor.  Jadwal keberangkatan  akan diselenggarakan mulai 11 sampai 20 April 2023 untuk arus mudik dan 25 April sampai dengan 4 Mei 2023 untuk arus balik. Waktu pendaftarannya yaitu mulai 1 Maret hingga  3 Mei 2023.

Kemudian, program Mudik Gratis Sepeda Motor naik Kapal Laut, menyediakan kapasitas hingga 5.000 penumpang dan 2.500 sepeda motor yang diberangkatkan menggunakan kapal. Jadwal keberangkatan berlangsung mulai 15 hingga dan 17 April 2023 untuk arus mudik, sedangkan arus balik disiapkan untuk tanggal  25 dan 28 April 2023. Waktu pendaftarannya berlangsung  mulai 15 Maret s.d 13 April 2023.

Editor: Rony Sitanggang

  • mudik
  • lebaran 2023
  • Idulfitri 2023
  • mudik gratis

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!