NASIONAL

Cek Fakta: Video yang Diklaim Penampakan Kota Gaib Saranjana dari Teropong

"Top Three Hoax of The Week"

Tim Cek Fakta

Cek Fakta
Cek Fakta

KBR, Jakarta- Akun TikTok menyebarkan sebuah video kota yang diklaim diambil menggunakan teropong jarak jauh. Video ini dinarasikan sebagai kota gaib Saranjana. Video yang dimaksud dapat ditengok di akun Instagram @TURNBACKHOAXID.

Saranjana sendiri viral karena disebut-sebut sebagai kota misterius dan gaib. Ini menjadi salah satu konten tiga teratas cek fakta yang mendapatkan sorotan dari netizen +62. Apa saja lainnya dan bagaimana penelusurannya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 23 Februari - 1 Maret 2023 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi di akun Instagram @turnbackhoaxid:

Beredar Foto Plang Seolah Bertulis Rumah Sakit Jiwa Kecebong

Sebuah akun Facebook memposting gambar yang menunjukkan plang dengan tulisan Rumah Sakit Jiwa Kecebong Dr. Djamal.

Seperti yang kita tau, istilah kecebong maupun kampret ini mencuat dan meramaikan media sosial selama masa Pemilu lalu.

Baca juga:

Bukan Berhemat, Presiden Dorong Masyarakat buat Belanja

Cek Fakta: Messi Dinarasikan Masuk ke Persib?

Career Cushioning, Nyiapin Hal Tak Terduga

Foto Suntingan dengan Narasi yang Mengklaim bahwa Imam di Turkiye Cium Kaki Anjing

Akun media sosial Facebook membuat heboh warganet +62 dengan foto suntingan seseorang yang mencium kaki anjing. Postingan ini disertai narasi yang mengklaim kalau orang tersebut adalah imam di Turkiye.

Terdapat juga narasi, bahwa anjing ini menyelamatkan 3 orang yang terjebak di puing-puing saat bencana gempa bumi yang melanda Turkiye beberapa waktu lalu. Gempa Turkiye sendiri menewaskan lebih dari 50.000 orang dan Bank Dunia memperkirakan kerusakannya mencapai lebih dari 34 miliar US dolar.

Video yang Diklaim sebagai Penampakan Kota Gaib Saranjana dari Teropong

Akun TikTok menyebarkan sebuah video kota yang diklaim diambil menggunakan teropong jarak jauh. Video ini dinarasikan sebagai kota gaib Saranjana. Video yang dimaksud dapat ditengok di akun Instagram @TURNBACKHOAXID.

Saranjana sendiri viral karena disebut-sebut sebagai kota misterius dan gaib.

Mau tau info selengkapnya soal Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini:

  • Cek Fakta
  • Hoaks
  • Top Three Hoax of The Week

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!