Bagikan:

Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, PSSI: Bukan Karena Tragedi Kanjuruhan

"Nggak ada, kalau Kanjuruhan, begitu kejadian langsung di-banned kita, langsung dicabut ke-tuanrumahan,"

NASIONAL

Kamis, 30 Mar 2023 16:00 WIB

Gagal tuan rumah Piala Dunia U20

Gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20, di kawasan Stadion Manahan, Solo, Jateng, Kamis (30/03/23).(Antara/Mohammad Ayudha)

KBR, Jakarta– Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Zainudin Amali menegaskan, pencabutan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh federasi sepakbola dunia (FIFA) tidak berhubungan dengan tragedi Kanjuruhan. Hal ini disampaikan Zainudin usai bertemu dengan pemain Timnas U-20, di Jakarta, Kamis (30/3).

"Nggak ada, kalau Kanjuruhan, begitu kejadian langsung di-banned kita, langsung dicabut ke-tuanrumahan, nggak ada hubungan dengan Kanjuruhan. (Israel?) Iya, Kanjuruhan itu kan bahkan datang presiden FIFA itu datang loh, menyatakan duka cita, menyatakan ikut prihatin, dan membantu kita untuk transformasi," kata Zainudin usai bertemu dengan pemain Timnas U-20 di Jakarta, Kamis (30/3/2023).

Zainudin menyebut, usai tragedi Kanjuruhan, bahkan tim dari FIFA datang ke Indonesia untuk membantu melakukan transformasi persepakbolaan Indonesia.

"Kalau memang waktu itu dianggap kita nggak aman, kita akan terjadi seperti itu, ya langsung dicabut bulan November. Presiden Gianni masih ikut di G20, saya ikut menemani beliau," kata dia.

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali mengatakan, pembatalan ini karena pihak FIFA menyoroti pro kontra yang terjadi di Indonesia.

"Oleh karena itu maka setiap mohon maaf sekaligus ya kalian tanya ini tanya itu saya diam karena FIFA ini ada aturannya apalagi dia mendengarkan pro kontra di dalam negeri kita mereka baca semua itu," imbuhnya.


Baca juga:

- Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Shin Tae Yong Sakit Hati

- Pengamat: Tak Ada Alasan Tolak Kehadiran Timnas Israel

Sebelumnya, muncul penolakan terhadap keikutsertaan Timnas Sepakbola Israel dalam ajang Piala Dunia Usia 20  yang digelar di Indonesia bermunculan. Sikap tersebut didasari atas penyerangan Israel terhadap negara Palestina yang kerapkali terjadi.

Imbasnya, federasi sepak bola dunia, FIFA membatalkan drawing Piala Dunia Usia 20 yang mestinya digelar Jumat, 31 Maret mendatang di Bali. Hingga kemudian  FIFA pada Rabu (29/03) memutuskan membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. 


 

Editor: Rony Sitanggang

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Most Popular / Trending