Bagikan:

Pernyataan Kepala Otorita IKN Usai Bertemu Presiden Joko Widodo

Hal tersebut disampaikan Bambang usai diterima Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 18 Maret 2022.

NASIONAL

Jumat, 18 Mar 2022 22:18 WIB

Kepala Otorita IKN Nusantara jelaskan soal organisasi Otorita IKN

Presiden Jokowi menuangkan tanah dan air ke dalam kendi di IKN Nusantara, Senin (14/3). Foto: Humas DIY

KBR, Jakarta- Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono menyatakan sedang menggodok penyusunan institusi dan tata kelola otorita bersama kementerian/lembaga terkait.

Ia mengaku, bakal berupaya membuat organisasi yang dipimpinnya menjadi institusi yang lincah dan memiliki tata kelola baik.

Hal tersebut disampaikan Bambang usai diterima Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 18 Maret 2022.

"Kami ingin memastikan juga nanti ada satu bentuk yang benar-benar lincah, namun masih tadi memenuhi kaidah-kaidah tata kelola yang baik sehingga kita benar-benar memiliki satu institusi yang istilahnya lincah atau agile tapi dengan governance yang baik. Dan itu juga nanti akan tergambar dari organisasi yang sekarang sedang dibicarakan dengan kementerian lembaga terkait," ujar Bambang yang hadir bersama Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe, dalam keterangan persnya, Jumat (18/3/22).

Bambang menjelaskan, di dalam organisasi yang dipimpinnya, setidaknya ada Otorita IKN sebagai penyelenggara pemerintahan sekaligus regulator, juga ada badan usaha yang akan mengurusi pelaksanaan pembangunan dan menarik investor.

Dengan demikian, diharapkan pola-pola kerja sama antara pemerintah dan swasta atau investasi swasta bisa berlangsung lebih dinamis. Bambang berharap, payung hukum berupa peraturan presiden (perpres) yang mengatur soal organisasi yang dipimpinnya bisa segera terbit.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita akan segera selesaikan untuk perpres organisasi ini karena memang ini sudah ditunggu. Kalau kami berdua ingin secepatnya ya Pak Dhony karena makin cepat tentu kami akan makin punya teman-teman, akan punya tim yang lebih kuat lagi dan lebih bisa mendorong percepatan dari kami untuk melakukan delivery," tambahnya.

Baca juga:

Bambang juga bakal melaksanakan konsultasi publik dalam pembentukan struktur Otorita IKN agar lebih baik.

"Dengan konsultasi publik tentunya kita ingin menyerap juga dari masyarakat juga. Ini merupakan rangkaian dari empat perpres dan dua rancangan peraturan pemerintah yang sedang digarap oleh kementerian dan lembaga. Mudah-mudahan secepatnya," tambahnya.

Bambang ingin memastikan agar tata kelola dari Otorita IKN dapat berlangsung dengan baik. Sebab, tata kelola yang baik merupakan salah satu prasyarat yang cukup utama untuk menarik investor.

"Makin kita memiliki satu governance yang baik, makin investor percaya bahwa kita punya kredibilitas dan tentunya nanti trust-nya akan terbangun," kata dia.

Selain itu, Bambang sudah berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung dan berencana untuk berkoordinasi dengan instansi lain seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Semua itu dilakukan agar sejak awal kepercayaan terhadap organisasi IKN bisa terbentuk dengan baik.

Editor: Sindu

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Haruskah Ikut Program Pengungkapan Sukarela?