NASIONAL

Menag Yaqut Ungkap Gagasan Moratorium Satu Tahun Haji Khusus Indonesia

"Setiap tahun Indonesia memberangkatkan 221 ribu jemaah haji. Sayangnya selama dua tahun pandemi pengiriman terhenti, hal itu membuat antrean semakin panjang"

Resky Novianto

Menag Yaqut Ungkap Gagasan Moratorium Satu Tahun Haji Khusus Indonesia
Tumpukan koper jemaah haji. Foto: ANTARA

KBR, Jakarta- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku sempat meminta kuota haji khusus untuk Indonesia selama setahun penuh, kepada duta besar Arab Saudi. Hal itu disampaikan Yaqut lantaran jumlah peserta haji dan umrah dari Indonesia sangat besar, apalagi selama pandemi banyak keberangkatan yang tertunda.

"Kemarin saya dan Pak Dirjen ketemu dengan dubes Saudi Arabia. Ada gagasan dari Pak Dubes yang menurut saya luar biasa, meskipun disampaikan secara bercanda tetapi saya aminkan. Pak dubes bilang, ya mudah-mudahan kita bisa moratorium satu tahun haji untuk negara lain, hanya diperuntukkan haji Indonesia. Wah kalau itu bisa beneran, luar biasa," ujar Yaqut dalam Acara Rakernas Ditjen PHU Tahun 2022 di Asrama Haji Pondok Gede, Kamis (17/3/2022).

Menurut catatan Kementerian Agama, setiap tahun Indonesia memberangkatkan 221 ribu jemaah haji. Sayangnya selama dua tahun pandemi pengiriman terhenti, hal itu membuat antrean semakin panjang. Tercatat hingga 2023, kuota haji Indonesia mencapai 5 juta jiwa.

Jumlah tersebut jika dikalkulasikan dengan kuota pengiriman setiap tahun maka, antrean bisa mencapai 2033. Padahal peserta kebanyakan berusia di atas 50 tahun bahkan di atas 65 tahun.

Yaqut mengatakan, tingginya antusiasme warga dalam mendaftar haji perlu menjadi perhatian khusus. Karena itu, menurutnya, pemerintah harus mencarikan solusi terkait penambahan kuota jamaah haji Indonesia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi Bidang Agama DPR dari Fraksi Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan, Indonesia akan terus berkoordinasi dengan pemerintah Arab Saudi terkait kuota haji 2022.

Ia menambahkan, untuk memastikan perihal kuota haji tahun ini perwakilan dari Kementerian Agama akan kembali terbang ke Arab Saudi untuk membicarakan hal tersebut.

Baca juga:

AMPHURI: Imbas Pandemi Covid-19, Biaya Umrah Naik Hingga Rp30 juta

Arab Saudi Terima Jemaah Umrah Indonesia, Ini Persiapan Pemerintah

Editor: Dwi Reinjani

  • kuota haji
  • moratorium haji
  • menag

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!