Bagikan:

IKN Nusantara, Jaksa Agung Muda Masuk Tim Transisi

"Jadi tim transisi ini akan digodok oleh Kementerian Sekretariat Negara dan dari sana nanti kita akan bersama-sama."

NASIONAL

Kamis, 17 Mar 2022 12:00 WIB

IKN Nusantara, Jaksa Agung Muda Masuk Tim Transisi

Presiden Jokowi melantik Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakilnya Dhony Rahajoe di Istana Negara Jakarta, Kamis (10/3/2022). (Setpres)

KBR, Jakarta-  Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono mengatakan sejumlah jaksa agung muda akan masuk dalam tim transisi dalam rangka pembentukan organisasi Otorita IKN.

Hal ini disampaikan Bambang usai menemui langsung Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin di Kantor Kejaksaan Agung,  Kamis (17/03/22).

"Tadi memang para Jaksa Agung Muda nanti akan masuk ke dalam tim transisi. Jadi tim transisi ini akan digodok oleh Kementerian Sekretariat Negara dan dari sana nanti kita akan bersama-sama. Tidak hanya dari kami, tapi juga dari Kementerian PUPR dan juga kementerian lain yang cukup dominan program-programnya yang ada di IKN," ujar Bambang usai pertemuan dengan Jaksa Agung di Gedung Kejagung RI.

Bambang mengatakan, pelibatan Jaksa Agung Muda dimaksudkan agar proses  tata kelola benar-benar berjalan dengan baik. Kata dia, tata kelola yang baik akan memudahkan investasi untuk datang ke IKN Nusantara.

"Maka sekarang yang di dunia ini investor-investor besar menekankan tiga aspek istilahnya ESG. Pertama adalah environment lingkungan hidup, kemudian social atau sosial kemasyarakatan, terakhir adalah governance atau tata kelola," urainya.

Menurutnya, tata kelola akan menjadi kunci dari suatu struktur proyek IKN. Bambang menyebut, bahwa investasi dari swasta akan lancar apabila tata kelola dilakukan secara optimal.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo  melantik Bambang Susantono dan Donny Rahajoe sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Negara Nusantara.

Baca juga: Pembangunan IKN Tak Akan Sentuh 2 Kawasan Hutan Lindung di Kaltim

Kedua pejabat IKN tersebut bakal mengurusi semua permasalahan yang tengah dihadapi pemerintah, seperti sengketa lahan dengan masyarakat, isu kerusakan lingkungan, pendanaan hingga adanya gugatan dari masyarakat terkait pembentukan IKN.


Editor: Rony Sitanggang

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Edu Talk IV YPA-MDR: Go Digital Melalui Media Ajar Interaktif