NASIONAL

Cek Fakta: Tak Punya BPJS dan Tak Aktif Peduli Lindungi, Marquez Ditolak RS?

"Top three hoax of the week yang beredar dari tanggal 19 - 25 Maret 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID"

Cek Fakta: Tak Punya BPJS dan Tak Aktif Peduli Lindungi, Marquez Ditolak RS?

Sebuah konten viral lewat Facebook yaitu foto pembalap MotoGp Marc Marquez disertai narasi yang menyebutkan bahwa pembalap asal Spanyol itu ditolak di RS karena tidak memiliki kartu BPJS dan aplikasi peduli lindungi yang belum aktif. Konten itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 19 - 25 Maret 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID:

Narasi soal Marquez Goyang Dangdut di Acara Pembukaan MotoGP Mandalika 

Viral video di Youtube yang menarasikan bahwa Marquez goyang dangdut di acara pembukaan MotoGP Mandalika. 

Narasi soal Marquez Ditolak RS karena Tak Punya BPJS dan Peduli Lindungi Belum Aktif

Masih soal MotoGP, konten yang viral lewat Facebook adalah foto pembalap MotoGp Marc Marquez disertai narasi yang menyebutkan bahwa pembalap asal Spanyol itu ditolak rumah sakit karena tidak memiliki kartu BPJS dan aplikasi peduli lindungi yang belum aktif. 

Foto dan Narasi Jokowi Menghadang Tank Sendirian di Kerusuhan Ukraina 

Beredar gambar yang menampilkan gabungan dua foto yaitu foto seseorang yang berdiri depan tank dan foto yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo yang diklaim menghadang tank sendirian di Ukraina. 

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Don Brady dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut ini:

Baca Juga:

Cek Fakta : Foto dan Narasi soal Logo Halal Buatan Kemenag Terinspirasi dari Penutup Kepala Uskup

Kami menantikan masukan kamu lewat: [email protected] sampai jumpa di episode berikutnya!

  • hoaks
  • hoax
  • cekfakta
  • cek fakta

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!