NASIONAL

BSSN Akan Bangun Pusat Rekam Cadang Data Strategis Nasional di IKN

"BSSN tengah berfokus menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni, untuk mendukung terciptanya smart city dan moderenisasi sistem data nasional."

Resky Novianto

BSSN Akan Bangun Pusat Rekam Cadang Data Strategis Nasional di IKN
Ilustrasi

KBR, Jakarta- Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) berencana akan membangun Pusat Rekam Cadang Data Nasional di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kepala BSSN, Hinsa Siburian mengatakan, amanat pembangunan dilaksanakan berdasarkan peraturan pemerintah (PP) Nomor 71 tahun 2019, tentang penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik. Hal itu disampaikannya saat rapat kerja bersama Komisi Pertahanan DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis 17 Maret.

"Dalam rangka mendukung transformasi digital di IKN yang mendukung smart city, BSSN berencana membangun pusat rekam cadang data strategis nasional di IKN. BSSN sudah membangun rekam cadang data strategis existing saat ini di sawangan," ujar Hinsa di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (17/3/2022).

Hinsa mengatakan, pembangunan itu ditujukan untuk menjamin keamanan integritas dan ketersediaan data strategis nasional. Selain itu, keamanan data konektivitas antara kementerian dan lembaga di IKN juga diutamakan.

"Diutamakan dengan membentuk suatu jaringan tertutup, terenkripsi yang hanya dapat diakses antar kementerian lembaga pada IKN," ujar Hinsa.

Selain itu, kata dia, BSSN tengah berfokus menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni, untuk mendukung terciptanya Smart City dan moderenisasi sistem data nasional.

"Sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah, BSSN siap memberikan dukungan keamanan siber dalam pembangunan IKN. BSSN menyiapkan sumber daya manusia siber dan sandi melalui Pusat Pengembangan SDM." Ujarnya.

Terakhir, Hinsa menyampaikan Pusat Pengembangan SDM BSSN dilengkapi dengan sarana berupa Simulator Smart City dan Cybersecurity Online Simulation Platform (CSOP) di Kantor Sentul, Bogor. Simulator Smart City dan CSOP juga menyediakan sarana pendukung kegiatan peningkatan kompetensi SDM, keamanan siber dalam hal proses tanggap insiden siber berbentuk platform lab simulasi.

Baca juga:

Ingin Jadi Smart City, Cilacap Kekurangan Tenaga Ahli IT

Editor: Dwi Reinjani

  • BSSN
  • Big Data
  • Otorita IKN Nusantara

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!