Bagikan:

Antusiasme Menyambut Perhelatan MotoGP di Mandalika

Tiket nonton balap MotoGP sudah terjual lebih dari 100 ribu lembar untuk tiga hari, dari 18-20 Maret 2022. Paling banyak pembeli tiket berasal dari Jawa Barat, Jawa Timur, Jakarta, Bali dan NTB.

NASIONAL

Jumat, 18 Mar 2022 16:09 WIB

MotoGP Mandalika

Pebalap Pramac Racing Johann Zarco berada di gravel saat sesi latihan bebas 1 MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Jumat (18/3/2022). (Foto: ANTARA/Andika W)

KBR, Jakarta - Semarak publik menyambut perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok sudah terasa sejak beberapa hari lalu.

Mulai dari tiket acara hingga penginapan diklaim nyaris habis dipesan oleh pecinta MotoGP.

Ratusan orang memadati jalan-jalan di Jakarta, ketika iring-iringan para pebalap MotoGP melakukan parade di jalan Thamrin-Sudirman.

Antusiasme publik cukup tinggi, mengingat Indonesia kembali bakal menjadi tuan rumah penyelenggaraan balap motor bergengsi MotoGP, yaitu di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 18-20 Maret 2022.

Usai menerima kedatangan para pebalap, Presiden Joko Widodo mengatakan tiket menonton langsung di Sirkuit Mandalika sudah ludes terjual.

"Dan kita tahu alhamdulillah juga bahwa target tiket yang telah kita berikan 60ribu alhamdulillah semuanya sudah terjual dan kita harapkan ini menjadi sebuah brand baru negara kita bahwa Indonesia sekarang telah memiliki sirkuit MotoGP yang tidak kalah dengan negara-negara lain. Kita nanti bertemu saja di mandalika, " kata Jokowi di Jakarta, Rabu (16/3/2022).

Bahkan, menurut Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia ITDC, Arie Prasetyo, tiket nonton balap MotoGP sudah terjual lebih dari 100 ribu lembar untuk tiga hari, dari tanggal 18 hingga 20 Maret 2022.

Paling banyak pembeli tiket MotoGP berasal dari Jawa Barat, Jawa Timur, Jakarta, Bali dan NTB.

"Kalau yang dari luar negeri yang pasti ada 2.500 yang official, mereka datang kan bukan penonton namun official, kru,dan pembalap mereka semua orang luar negeri. Tapi kalau penonton bisa dibilang mungkin ya hampir 100 persen orang Indonesia. Dari mana mereka, ada yang dari Lombok ada yang dari luar Lombok, tapi memang dari data pembelian, pembeli yang paling banyak yaitu nomor satu Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, Bali dan NTB," kata Arie Prasetyo, Rabu (16/3/2022).

Arie mengatakan pembeli tiket paling banyak untuk menyaksikan balap di hari ketiga, yakni Minggu 20 Maret 2022. Hal itu bisa dimaklumi, karena memang balapan puncak digelar pada hari Minggu. Sementara untuk balapan hari Jumat dan Sabtu, datanya masih fluktuatif.

Baca juga:


Tak cuma tiket pertandingan. Rata-rata kamar homestay dan rumah-rumah warga yang disediakan untuk para tamu MotoGP di kawasan desa wisata di Lombok juga sudah penuh oleh tamu dari luar daerah.

Setelah pandemi berkepanjangan membuat kamar-kamar homestay jarang terisi, kini kondisinya sudah mulai penuh lagi.

Pengelola Desa Wisata Setanggor, Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Ida Wahyuni mengatakan, tamu-tamu yang menginap di desa wisata berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pegawai swasta hingga kepala daerah.

Di Setanggor, hampir 70 kamar homestay dan rumah warga sudah dipesan dan ditempati. Para tamu disuguhi aneka hiburan tradisional khas desa wisata, termasuk membuka galeri tenun yang menjadi warisan budaya di desa wisata setempat.

"69 kamar sudah sold out. Satu yang paling bagus yaitu yang ditempati oleh Bupati Minahasa Utara sama istri dan stafnya enam orang. Hiburan ada welcome musicnya, welcome dance (musik dan tari tradisional-red) , terus ibu-ibu penenun dan galeri tenun semua kita buka," kata Ida Wahyuni, Kamis (17/3/2022).

Baca juga:


Ida Wahyuni mengatakan hadirnya gelaran MotoGP telah memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat lokal, terlebih pelaku wisata yang selama ini menggantungkan hidupnya di sektor pariwisata.

Antusiasme juga diungkapkan oleh penggemar MotoGP asal Jakarta, Pendi yang bakal menonton ajang MotoGP di Mandalika. Pendi bahkan sudah menginap di dekat lokasi sirkuit Mandalika sejak tanggal 17 kemarin.

Pendi bakal menonton pertandingan hari Sabtu dengan tiket yang dibelinya seharga 1,1 juta rupiah dan hari Minggu, dengan tiket yang ia beli dengan harga 1,6 juta rupiah. Pendi menjagokan pebalap Fabio Quartararo untuk jadi pemenang di ajang ini.

"Harapannya ke depan ada event-event kayak MotoGP ini lagi ya. Tapi mungkin lebih dimasuk akalin terkait harganya ya. Soalnya dibandingkan dengan Sepang yang biasa kita nonton dan harga tiketnya pun sangat berbeda jauh sekali. Mungkin bisa dipertimbangkan di aspek itu," kata Pendi kepada KBR (18/3/2022).

Baca juga:


Editor: Agus Luqman

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Edu Talk IV YPA-MDR: Go Digital Melalui Media Ajar Interaktif