BERITA

Varian Baru Covid B117, Menkes: Bertambah 4 Kasus

Varian Baru Covid B117, Menkes: Bertambah 4 Kasus

KBR, Jakarta-   Kementerian Kesehatan menemukan kasus virus Covid-19 varian B117 bertambah empat kasus. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, penambahan kasus itu menjadikan total kasus varian mutasi UK tersebut di Indonesia menjadi enam kasus. 

Keempat kasus tambahan tersebut ditemukan pertama di Palembang, Sumatera Selatan pada 11 Januari 2021. Lalu di Kalimantan Selatan pada 6 Januari 2021, di Medan pada 28 Januari 2021, teranyar di Balikpapan, Kalimantan Timur pada 12 Februari 2021.

"Untuk tindak lanjutnya, sekarang kita sedang melakukan surveillance terhadap kontak eratnya mereka. Dan sedang kita kejar agar bisa segera dites dan di genome sequence. Untuk update teman-teman sekalian, wartawan. Untuk dua kasus pertama  yang datang dari Arab Saudi, kasus Karawang (Jawa Barat), itu semua kontak eratnya sudah dites dan mereka negatif. Jadi Alhamdulillah karantina di airport Soekarno Hatta cukup baik," ucap Menkes Budi saat konferensi pers virtual, Senin (8/3/2021).

Menkes Budi Gunadi menambahkan, keempat kasus tambahan tersebut sudah negatif Covid-19. Hal itu lantaran pemerintah mengarantina pasien yang ditemukan positif Covid-19 saat pengetesan di bandara.

Kata dia, kementerian masih menggencarkan testing  untuk menjaring kemungkinan adanya kasus varian baru Covid-19 tersebut.

Sebelumnya Pemerintah diminta serius menyikapi temuan dua kasus positif Covid-19 dari varian baru B117. Varian baru ini dikenal lebih menular, hingga menyebabkan kasus di Inggris melonjak tajam. 

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Budi Haryanto mengatakan pengetatan diperlukan untuk mencegah varian baru ini masuk ke Indonesia.

"Ya pertama kalau memang mencegah jangan sampai lebih banyak lagi, berarti kan pintu masuknya yang kemudian diperketat ya. Terutama kan yang boleh masuk dari luar negeri itu kan orang-orang Indonesia yang kembali ke Indonesia ya. Kalau orang luar negeri kan belum boleh masuk ke Indonesia gitu. Jadi ya pemeriksaan khusus untuk mereka-mereka yang baru datang dari luar negeri itu yang harusnya diperketat." Ujar budi saat diwawancarai KBR, Jumat (05/03).

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 IAKMI Budi Haryanto  meminta pemeriksaan dengan genome sequences  diperbanyak guna mendeteksi penyebaran dari varian baru ini. Kata dia, pelacakan varian baru Covid-19 tidak cukup dilakukan dengan tes PCR saja.


Editor: Rony Sitanggang


Redaksi KBR juga mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.

  • #pakaimasker
  • #Takkenalmakatakkebal
  • COVID-19
  • #IngatPesanIbu
  • #KBRLawanCovid19
  • #cucitanganpakaisabun
  • #vaksinasicovid-19
  • #satgascovid19
  • #jagajarak
  • vaksin

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!