Varian Baru Covid B117, Ikatan Ahli Kesehatan Minta Perketat Pemeriksaan

"Jadi ya pemeriksaan khusus untuk mereka-mereka yang baru datang dari luar negeri itu yang harusnya diperketat."

BERITA | NASIONAL | RAGAM

Senin, 08 Mar 2021 07:00 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Varian Baru Covid B117, Ikatan Ahli Kesehatan Minta Perketat Pemeriksaan

Refleksi tempat isolasi mandiri penyintas covid varian baru B117 di Brebes, Jateng. (Antara/Oky Lukmansyah)

KBR, Jakarta-   Pemerintah diminta serius menyikapi temuan dua kasus positif Covid-19 dari varian baru B117. Varian baru ini dikenal lebih menular, hingga menyebabkan kasus di Inggris melonjak tajam. 

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Budi Haryanto mengatakan pengetatan diperlukan untuk mencegah varian baru ini masuk ke Indonesia.

"Ya pertama kalau memang mencegah jangan sampai lebih banyak lagi, berarti kan pintu masuknya yang kemudian diperketat ya. Terutama kan yang boleh masuk dari luar negeri itu kan orang-orang Indonesia yang kembali ke Indonesia ya. Kalau orang luar negeri kan belum boleh masuk ke Indonesia gitu. Jadi ya pemeriksaan khusus untuk mereka-mereka yang baru datang dari luar negeri itu yang harusnya diperketat." Ujar budi saat diwawancarai KBR, Jumat (05/03).

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 IAKMI Budi Haryanto  meminta pemeriksaan dengan genome sequences  diperbanyak guna mendeteksi penyebaran dari varian baru ini. Kata dia, pelacakan varian baru Covid-19 tidak cukup dilakukan dengan tes PCR saja.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo meminta  masyarakat tidak khawatir dengan munculnya varian baru virus covid, B117 di tanah air. 

“Saya mengimbau kepada bapak, ibu dan saudara-saudara semuanya untuk tidak perlu khawatir karena ditemukannya dua kasus positif covid-19 dengan mutasi virus Corona dari Inggris atau B117. Dua  orang yang terpapar varian baru tersebut saat ini sudah negatif, dan belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa varian baru ini lebih mematikan.” Ujar Jokowi, dalam video resmi kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (05/03/2021).

Menurut Jokowi, penanganan atau pencegahan menyebarnya virus dengan varian baru tersebut sama dengan covid-19, yakni menerapkan protokol kesehatan secara ketat, mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker. Hal tersebut menurut Jokowi telah dilakukan sejak awal, sehingga penyebaran virus seharusnya bisa lebih terkendali.

Pemerintah mengumumkan temuan dua kasus baru pasien dengan mutasi covid-19 B117 di Karawang, Jawa Barat. Kedua orang yang sudah sembuh itu adalah tenaga kerja Indonesia (TKI) dari Arab Saudi. Mutasi virus B117 merupakan jenis baru yang berasal dari Inggris dan sudah mulai menyebar ke berbagai negara.

M dan A dari Saudi Arabia menggunakan pesawat berbeda, namun sama-sama mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada akhir Januari 2021. M, mendarat di Bandara Soetta pada 28 Januari 2021. Kemudian A mendarat pada 31 Januari 2021. Mereka berdua kini telah dinyatakan negatif usai menjalani isolasi.


Editor: Rony Sitanggang


Redaksi KBR juga mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Belajar dari Lonjakan Kasus di India

Kabar Baru Jam 7

Gua Hira dan Cahaya Semesta

Kabar Baru Jam 8

Menyoal Tenggelamnya Kapal Selam dan Upaya Modernisasi Alutsista