SKB 4 Menteri: Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Digelar Juli

"Kita harus mengakui bahwa efektivitas pembelajaran jarak jauh yang selama ini dilaksanakan, tidak dapat disamakan dengan pembelajaran tatap muka,"

RAGAM | NASIONAL

Selasa, 30 Mar 2021 13:06 WIB

Author

Sadida Hafsyah

SKB 4 Menteri: Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Digelar  Juli

Uji coba pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan prokes COVID-19 di SMP Negeri 26 Solo Jateng, Senin (29/3). (Antara/Maulana Surya)

KBR, Jakarta-   Pemerintah mengumumkan  Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat  Menteri, yang mendorong agar institusi dan pendidikan melakukan pembelajaran tatap muka secara terbatas mulai Juli mendatang. Keputusan ini melibatkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri tersebut.


Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mendukung pembelajaran tatap muka agar tidak ada ketertinggalan pendidikan selama pandemi Covid-19.

"Evaluasi kebijakan pembelajaran terus dilakukan, baik oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun Kementerian Agama, untuk memastikan bahwa anak-anak sekolah tetap terpenuhi haknya untuk mendapatkan layanan pendidikan. Dalam hal ini, kita harus mengakui bahwa efektivitas pembelajaran jarak jauh yang selama ini dilaksanakan, tidak dapat disamakan dengan pembelajaran tatap muka," ujar Muhadjir dalam acara 'Pengumuman Keputusan Bersama tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19' di kanal Youtube Kemendikbud, Selasa (30/03/21).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy optimistis vaksinasi yang tengah dilakukan untuk masyarakat, dapat menekan resiko penularan Covid-19. Meskipun di lingkup sekolah, hanya guru dan tenaga pendidik yang menerima vaksin.

"Program vaksinasi Covid-19 yang dimulai dilaksanakan pada awal tahun 2021 ini, memberikan harapan baru bagi kita semua untuk dapat menyongsong era kebiasaan baru, dengan melakukan aktivitas seperti semula, dengan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan.

Pembelajaran tatap muka secara terbatas akan dilakukan usai pemerintah menyelesaikan vaksinasi terhadap guru dan tenaga pendidik. Pemerintah  menargetkan vaksinasi terhadap pendidik dan tenaga pendidikan akan selesai sebelum tahun ajaran baru dimulai.

Editor: Rony Sitanggang

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Lambannya Pencairan Bansos di masa PPKM Darurat

Kabar Baru Jam 8

Platform Para Pekerja untuk Saling Berbagi

Kabar Baru Jam 10