Setahun Covid-19, Begini Harapan Satgas

"Mudah-mudahan pada ulang tahun perayaan kemerdekaan bangsa kita, kita bisa mengendalikan Covid ini dengan lebih baik,"

BERITA | NASIONAL | RAGAM

Selasa, 02 Mar 2021 19:58 WIB

Author

Muthia Kusuma

Setahun Covid-19,  Begini Harapan Satgas

Ilustrasi: Eks Pasien 01 Sita Tyasunami usai sembuh dari covid-19. (Satgas)

KBR, Jakarta-   Setahun pandemi Covid-19 di Indonesia, jumlah kematian pasien Covid-19 masih tinggi. Ketua Satgas penanganan Covid-19 Doni Monardo mencatat kasus kematian mencapai 36.325. 

Doni merinci, dalam setahun terakhir sebanyak 85 persen yang meninggal adalah kelompok usia di atas 47 tahun dengan komorbid. Khusus di Jatim, 90 persen merupakan penderita komorbid diabetes.

"Kalau kepemimpinan di tingkat RT dan RW ini baik, maka akan lebih banyak lagi RT-RT yang zonanya hijau. Kalau RT zona hijau, desa dan kelurahan hijau, dan ditarik ke atas semuanya bersama-sama untuk mengendalikan, mudah-mudahan pada ulang tahun perayaan kemerdekaan bangsa kita, kita bisa mengendalikan Covid ini dengan lebih baik, mengurangi angka yang terpapar Covid-19 dan juga mengurangi angka kematian," ucap Doni melalui YouTube Kemenristek, Selasa, (2/3/2021).

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menambahkan, angka kesembuhan nasional masih lebih tinggi dibanding angka kesembuhan global.

Kata Doni, kasus sembuh mencapai lebih dari 85 persen atau 1.151.915.

Data satgas menunjukkan selama setahun terakhir sudah ada 1.341.314 orang terinfeksi korona, sehingga saat ini kasus aktif di Indonesia sejumlah 153.074 orang. Sedangkan total jumlah kematian mencapai 36.325 orang.

Sementara itu angka vaksinasi covid-19 yang telah menerima dosis pertama sejumlah 1.720.523, dan penerima dosis kedua mencapai 1.002.218 orang.

Editor: Rony Sitanggang

Redaksi KBR juga mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Ramai-ramai Mudik Dini

Ramadan (Masih) dalam Pandemi Covid-19

Kabar Baru Jam 8

Disability Right Fund (DRF) Mitra Disability People Organisation (DPO)