Kilang Balongan Terbakar, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Aman

Pasokan aman terutama untuk daerah Jakarta dan Cikampek yang langsung disuplai dari kilang Balongan.

BERITA | NASIONAL

Senin, 29 Mar 2021 15:20 WIB

Author

Astri Yuana Sari

Kilang Balongan Terbakar, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Aman

Asap hitam mengepul akibat kebakaran tangki minyak Pertamina Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021). (Foto: ANTARA/Dedhez Anggara)

KBR, Jakarta- PT Pertamina mengklaim insiden kebakaran kilang Balongan di Indramayu, Jawa Barat tidak memengaruhi pasokan BBM. 

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati mengatakan pasokan aman terutama untuk daerah Jakarta dan Cikampek yang langsung disuplai dari kilang Balongan.

"Jadi kami pastikan sekali lagi kepada masyarakat, tidak ada kendala di dalam suplai BBM ini. Karena sebetulnya equipment utama di dalam kilang ini tidak terdampak. Kebakaran itu di daerah tangki saja. Untuk itu kami tentu berharap bahwa kilang bisa kami operasikan kembali setelah kita berhasil melakukan pemadaman, sehingga tidak ada kendala dalam pasokan suplai ke masyarakat," kata Nicke dalam konferensi pers, secara daring, Senin (29/3/2021).

Nicke menjelaskan, Pertamina sudah memiliki skenario cadangan untuk mengalihkan suplai BBM dari Balongan ke kilang lain. 

"Kondisi terkini, api telah dapat diokalisir di dalam bundwall, jadi di sekitar tangki ini ada tanggul. Nah, api sudah bisa kita lokalisir di sana. Untuk pemadaman kami menggunakan foam ke perimeter bundwall dan juga pusat nyala api, sehingga kita pastikan bahwa api tidak akan menjalar ke area lain," ujarnya.

Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat terbakar pada Senin dini hari. Ini merupakan salah satu kilang terbesar dari tujuh kilang milik PT Pertamina. 

Nicke mengaku belum mengetahui pasti penyebab kebakaran di kilang minyak Balongan. Pertamina saat ini masih melakukan investigasi dibantu pihak berwenang.

Akibat kejadian itu, 23 warga menjadi korban. Dari jumlah tersebut, 17 orang mengalami luka ringan dan 6 luka berat. 

Selain itu, 912 warga mengungsi dari lokasi kebakaran tangki. Rinciannya 220 jiwa mengungsi di GOR Kompleks Perum. Pertamina Bumi Patra, 300 jiwa di Pendopo Kantor Bupati dan 392 jiwa di Gedung Islamic Center Indramayu.

Editor: Dwi Reinjani

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Lambannya Pencairan Bansos di masa PPKM Darurat

Kabar Baru Jam 8

Platform Para Pekerja untuk Saling Berbagi

Kabar Baru Jam 10