Jokowi Pastikan Vaksinasi COVID-19 Sampai Daerah Pelosok

Presiden Jokowi menginginkan, agar vaksinasi di wilayah yang sulit terjangkau bisa terus dilakukan oleh jajaran Kementerian Kesehatan dan dinas kesehatan daerah.

BERITA | NASIONAL | RAGAM

Rabu, 24 Mar 2021 13:50 WIB

Author

Resky Novianto

Jokowi Pastikan Vaksinasi COVID-19 Sampai Daerah Pelosok

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo memerintahkan agar program vaksinasi COVID-19 dilakukan sampai ke daerah terpencil. 

Tujuannya, kata Jokowi, agar laju penyebaran Covid-19 bisa terkendali. 

Jokowi hari ini melakukan pengecekan vaksinasi hingga daerah timur Indonesia. Salah satunya di Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara.

"Saya kira kalau semua daerah bisa menggerakkan seperti ini sampai di tempat terpencil. Saya kira penyebaran Covid dan laju penyebarannya bisa kita kurangi dan kita hentikan. Saya rasa itu yang paling penting. Saya ingin mengecek bahwa pemerataan vaksin, distribusi vaksin itu sampai ke pelosok," ujar Jokowi, seperti yang ditayangkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden RI, Rabu (24/3/2021).

Dalam kunjungan itu Jokowi mengatakan, jika dalam satu hari Kecamatan Kao mampu melakukan vaksinasi sebanyak 100 orang, maka pembentukan herd immunity dari 9.400 penduduk di sana akan segera tercapai.

"Setiap hari 100 orang, 100 orang, 100 orang di Kecamatan Kao yang penduduknya kurang lebih 9.400. Dan sudah dimulai untuk pelayan dan petugas publik dan juga petani dan pedagang pasar. Saya kira kalau semua daerah bisa menggerakkan seperti ini, sampai di tempat terpencil saya kira penyebaran COVID dan laju penyebarannya bisa kita kurangi dan kita hentikan," ujarnya.

Presiden Jokowi menginginkan, agar vaksinasi di wilayah yang sulit terjangkau bisa terus dilakukan oleh jajaran Kementerian Kesehatan dan dinas kesehatan daerah.

Sebelumnya vaksinasi massal juga telah digelar dibanyak lokasi seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Makasar dan Nusa Tenggara Timur.

Berdasarkan data dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 hingga Senin 22 Maret. Vaksinasi dengan dosis penuh atau dua kali suntikan sudah diberikan pada 2.494.422 orang, atau bertambah sebanyak 181.821 orang dibanding hari sebelumnya. Saat ini, pemerintah menargetkan sasaran vaksinasi Covid-19 sebanyak 40.349.051 orang.

Editor : Dwi Reinjani

Redaksi KBR juga mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kontroversi Pembatalan SKB 3 Menteri soal Seragam

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Menyekat Pemudik Nekat

Kabar Baru Jam 10