BERITA

Waspada Covid-19, Menkes: Orang Sehat Tak Usah Pakai Masker

Waspada Covid-19, Menkes: Orang Sehat Tak Usah Pakai Masker

KBR, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto tidak menyarankan orang sehat memakai masker untuk menghindari penularan COVID-19.

Menurut Menkes Terawan, organisasi kesehatan dunia WHO juga hanya menyarankan penggunaan masker untuk orang sakit.

“Yang sehat nggak usah pakai (masker). Percuma juga,” kata Menkes Terawan di Jakarta, seperti dilansir Antara, Senin (2/3/2020).

“Kalau yang sehat pakai (masker) juga percuma. Dia nanti pegang-pegang, tangannya, dan sebagainya. Tetap saja bisa kena. Daripada itu (pakai masker) mending dia yang menjauhi orang sakit. Yang sakit menutup diri,” katanya.

Ia juga meminta masyarakat agar tidak paranoid menyikapi kabar adanya dua WNI yang positif terkena COVID-19 pada Senin (2/3/2020).

Menkes Terawan menjelaskan, pada dasarnya COVID-19 merupakan penyakit yang bisa sembuh sendiri, sama seperti penyakit yang ditimbulkan virus lainnya.

“Angka kematian (akibat COVID-19) dua persen atau di bawahnya. Tergantung imunitas tubuh. Makanya, dari awal saya bilang jaga imunitas tubuh. Dari awal gerakan masyarakat hidup sehat itu terus kita gaungkan,” katanya.


Editor: Rony Sitanggang

  • COVID-19
  • terawan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!