Puluhan Media Massa Bersatu Lawan Penyebaran Covid-19

"Hal ini menjadi amat penting, karena penyebaran Covid19 tampaknya semakin random dan luas. Sementara, kesadaran publik belum terbangun secara sistematis."

BERITA | NASIONAL

Selasa, 24 Mar 2020 11:54 WIB

Author

Adi Ahdiat

Puluhan Media Massa Bersatu Lawan Penyebaran Covid-19

Poster #AmanDiRumah, salah satu konten perdana #MediaLawanCovid19.

KBR, Jakarta - Puluhan media massa Indonesia bersatu dalam gerakan edukasi bertagar #MediaLawanCovid19 yang diluncurkan Selasa (24/3/2020).

Gerakan #MediaLawanCovid19 adalah inisiatif bersama kalangan media untuk  menyebarkan konten edukatif secara masif dalam upaya memerangi penyebaran Covid-19.

Inisiatif ini diikuti lebih dari 50 media dari berbagai platform yaitu  televisi, radio, media cetak, media siber, serta media sosial.

"Inisiatif ini muncul secara spontan dari kalangan media dan bersifat independen, tanpa terafiliasi dan dibiayai oleh pihak mana pun. Dengan begitu, kerja-kerja jurnalistik tetap dapat berjalan sebagaimana mestinya, dengan tetap menjunjung azas independensi," jelas perwakilan #MediaLawanCovid19 dalam siaran persnya, Selasa (24/3/2020).

"Melalui kerja berjaringan ini, diharapkan berbagai pesan penting dalam upaya memerangi penyebaran virus Corona dapat tersebar luas dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat secara cepat. Hal ini menjadi amat penting, karena penyebaran Covid-19 tampaknya semakin random dan luas. Sementara, kesadaran publik belum terbangun secara sistematis," lanjut mereka.


Sebarkan Konten Edukasi Covid-19 Tiap Hari

Gerakan #MediaLawanCovid19 memublikasikan konten perdananya pada Selasa (24/3/2020) dengan tagar #AmanDiRumah.

Konten tersebut dibuat dalam multiplatform yang tayang serentak pada Selasa pagi di berbagai saluran televisi, radio, surat kabar, media siber, dan media sosial.

"Konten perdana ini berisi pesan bahwa akan lebih aman bagi dirinya dan orang lain, jika warga berdiam diri di rumah untuk sementara waktu. Dengan kesadaran ini, diharapkan laju penyebaran virus Corona pun dapat dihambat," jelas mereka.

"Konten perdana ini merupakan produk bersama yang dibuat oleh sejumlah media secara sukarela. Selain itu, setiap media juga akan memproduksi dan mempublikasikan karyanya masing-masing mulai Rabu, 25 Maret 2020, yang dapat digunakan juga oleh berbagai media lainnya dengan mencantumkan tagar #MediaLawanCovid19," lanjutnya.

Ada berbagai topik materi edukasi yang akan dibuat. Mulai dari pesan terkait jaga jarak (social distancing), deteksi dini dan upaya pencegahan, pengobatan dan penanganan penderita Covid19, hingga kolaborasi dan berbagai info penting lainnya, seperti rumah sakit rujukan, prosedur tes, dan pengobatannya. 

"Pada akhirnya, diharapkan inisiatif ini dapat pula diikuti oleh kalangan lainnya dengan ikut menyebarkan berbagai konten edukasi ini kepada masyarakat luas," jelas mereka.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Stephanie: Mengubah Stigma Menjadi Empati