BERITA

Pembuatan Vaksin Virus Corona Diperkirakan Butuh 3 Tahun

Pembuatan Vaksin Virus Corona Diperkirakan Butuh 3 Tahun

KBR, Jakarta - Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) memperkirakan butuh waktu sekitar tiga tahun dalam pembuatan vaksin virus corona.

Ketua Umum IAKMI Ede Surya Darmawan mengatakan ada banyak rangkaian penelitian dan uji coba membuat vaksin tersebut. Peneliti harus meneliti lebih lanjut penyebab, sumber, dan merumuskan vaksin penyakit COVID-19 corona.


"Untuk penemuan obat itu cukup lama. Yang saya tahu dari protokolnya saja harus tes rumusnya dulu, formulanya. Setelah formulanya dites, efektif nggak? Maka formulanya itu dites dulu, kemudian ada animal test. Tes dulu di in vitro, in vivo," kata Ede di Komplek Mikrobiogi UI Jakarta, Selasa (3/3/2020).


Ede Surya Darmawan mengatakan, pemerintah harus menggerakkan peneliti-peneliti di Indonesia sehingga vaksin corona bisa dibuat.


Menurutnya, pemerintah harus mengantisipasi jangka panjang terkait perkembangan virus tersebut. Pemerintah harus mencegah penyebaran virus kedepannya.


Ede menilai, pemerintah belum maksimal dan fokus membuat vaksin virus COVID-19 corona.


"Memang kalau virus rada susah. Tapi di sisi lain. Ini harus dilakukan supaya ada proses pengembangan kemampuan kita menghadapi perubahan. Karena kedepan, bisa jadi berbagai virus baru akan muncul lagi. Dan saya pikir ini pelajaran berharga, bahwa kita bagian dari bangsa itu mesti bersatu," lanjut Ede.


Pengurus Pusat IAKMI Syahrizal Syarif menyebut sulit dan rumitnya membuat vaksin corona.


Menurutnya, harus ada tindakan serius dan bersatunya segala sektor pemerintah menangani virus corona. Syahrizal mengatakan, pemerintah harus bergerak cepat sejak awal penyebaran virus corona penyebab COVID-19.


"Kita harus paham, virus itu ada 2 jenis. Ada yang RNA, ada yang DNA. Kalau virus DNA misalnya hepatitis begitu, mudah kita tangani. Dia dua rantai, relatif stabil dibandingkan virus ini adalah satu rantai RNA aja ya. Hanya ibaratnya itu rantai kehidupan. Dia adalah mesin replikasi, jadi ini selalu berubah-ubah. kita agak sulit mendapatkan vaksin dalam waktu yang cepat," kata Syahrizal.


Editor: Agus Luqman 

  • vaksin
  • virus corona
  • COVID-19

Komentar (2)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Hasan Fadlika4 years ago

    Terima kasih Tuhan ketika saya berpikir bahwa semuanya sudah selesai dengan saya. Bunda Rika Rika Anderson datang untuk menyelamatkan saya. Saya Hasna Fadlika dari Jl Kebon Cau No. 125 Jarkata Indonesia. Saya sangat berhutang budi kepada orang-orang yang saya pinjam uang dari geng terhadap saya dan kemudian membuat saya ditangkap karena hutang saya. Saya ditahan selama berbulan-bulan sehingga saya diberi waktu untuk melunasi hutang saya ketika saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk melunasi semua hutang yang saya ambil. Saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditor online yang sah jadi saya harus mencari karena melalui blog saya saya berulang kali tertipu tetapi ketika saya menemukan Mrs. Rika Anderson, CEO RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, Tuhan mengarahkan saya untuk mencari melalui blog karena pertemuan saya dengan ibu benar-benar sebuah mukjizat karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak penderitaan sehingga dia mengarahkan saya kepada ibu saya. Saya mengajukan pinjaman dan setelah beberapa jam pinjaman saya diproses oleh Dewan tanpa jaminan dan dalam waktu empat jam, saya dikreditkan dengan jumlah persis yang saya minta Rp. 50.000.000. Semua ini tanpa agunan tambahan sama seperti saya berbicara kepada Anda sekarang bahwa saya telah mampu menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri. Saya tidak perlu bantuan dari orang lain sebelum memberi makan atau membuat keputusan keuangan apa pun. Saya tidak punya urusan dengan polisi lagi. Saya sekarang seorang wanita yang mandiri dan bahagia dengan keluarga saya. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya, silakan hubungi ibu Rika. melalui WhatsApp +1(323)689-3663 atau melalui email perusahaan: ([email protected]) Anda tidak dapat memperdebatkan kenyataan bahwa di dunia yang bermasalah ini, Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda menangani gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara. . Saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ms. Rika Anderson di alamat di atas sehingga Anda dapat mengatasi krisis keuangan dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui email berikut: ([email protected]) selalu bersikap positif dengan Ms. Rika Anderson, dia akan melihat Anda melalui semua tantangan keuangan Anda dan kemudian memberi Anda tampilan keuangan baru. silakan hubungi ibu Rika. via Panggilan / Whatsapp: +13236893663 email perusahaan: [email protected]

  • Joy Williamsa year ago

    I am willing to share my experience and enlighten people on how i recovered my money with the help of a professional group. They provide recovery services in binary options, forex, cryptocurrencies, Though times are hard and the market international financial, will not too favourable amidst people trying to get back to their normal lives, They recently recovered the sum of $75,000USD for me but thank God for Mr Jeanson James Ancheta wizard in who has also recovered millions of dollars for victims of fraud around the glob helped me make so much money with his quality strategy You contact me on email:[email protected] or Whatsapp Number:+31617020375 or Telegram Number:+31684518136 for more details