BERITA

Cek Spesimen Covid-19, Jokowi Perintahkan Terawan Gandeng Lembaga Lain

Cek Spesimen Covid-19, Jokowi Perintahkan Terawan Gandeng Lembaga Lain

KBR, Jakarta-  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan telah memerintahkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, untuk menggandeng laboratorium dari lembaga lain, guna pengecekan spesimen terkait virus corona (covid-19). Jokowi mengatakan, saat ini pengecekan terbatas di laboratorium milik badan penelitian dan pengembangan Kemenkes.

Dia meminta Menkes melibatkan laboratorium milik lembaga atau instansi lainnya.

"Ini pengenai pengecekan, saya sudah perintahkan kepada Menteri Kesehatan agar lab di luar Balitbangkes bisa juga melakukan. Kelihatannya mungkin Airlangga di Surabaya dan Eijkman. Nanti secara teknis tanya ke Menteri Kesehatan, akan kita libatkan," ucap Jokowi saat konferensi pers di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten, Jumat (13/3/2020).

Jokowi membuka kesempatan kepada Menkes Terawan Agus Putranto, untuk mencari laboratorium yang memiliki kemampuan mengecek spesimen. Dikatakan Jokowi, hal tersebut sudah mampu dilakukan laboratorium milik Universitas Airlangga, hingga Eijkmann. 


Sebelumnya, Kemenkes menetapkan Balitbangkes, sebagi satu-satunya laboratorium pengecekan spesimen untuk virus corona (covid-19). Balitbangkes, saat ini dinilai pengamat kewalahan, dengan membludaknya antrian pengecekan dari pelbagai pasien di RS rujukan.


Editor: Rony Sitanggang
  • COVID-19
  • Virus Corona
  • SARS-CoV-2
  • spesiment
  • lab balitbangkes

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!