BERITA

BI: Ekonomi Indonesia akan Membaik Tahun 2021

""Dampak Covid-19 perlu terus dicermati, mengingat sampai dengan laporan ini disusun penyebaran Covid-19 terus berlangsung.""

BI: Ekonomi Indonesia akan Membaik Tahun 2021
Blok toko pakaian di Pasar Tradisional Masomba Palu, Sulawesi Tengah, sepi pembeli setelah adanya wabah Covid-19, Kamis (26/3/2020). (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Pandemi Covid-19 melemahkan laju ekonomi banyak negara, termasuk Indonesia. Pelemahan ini diperkirakan bakal terus berlanjut sepanjang 2020, kemudian beranjak membaik mulai tahun depan.

'Ramalan' itu disampaikan Bank Indonesia (BI) dalam Laporan Perekonomian Indonesia 2019: Sinergi, Kunci Utama Menjaga Perekonomian di Tengah Pandemi Covid-19 yang dirilis Senin (30/3/2020).

"Kami memprakirakan perekonomian Indonesia kembali meningkat pada 2021 dan menguat dalam jangka menengah," kata Gubernur BI Perry Wajiyo dalam siaran persnya, Senin (30/3/2020).


Berita Terkait:

    <li><a href="https://kbr.id/nasional/03-2020/kadin_dki__pendapatan_usaha_di_jakarta_turun_60_persen/102688.html">Kadin DKI: Pendapatan Usaha di Jakarta Turun 60 Persen</a></li>
    
    <li><a href="https://kbr.id/nasional/03-2020/wabah_corona_ancam_bisnis_500_an_ukm_di_indonesia/102634.html">Wabah Corona Ancam Bisnis 500-an UKM di Indonesia</a></li></ul>
    


    Ekonomi Indonesia 2020 Diprediksi Hanya Tumbuh Sekitar 4 Persen

    BI menegaskan saat ini pandemi Covid-19 menghambat pertumbuhan berbagai sektor usaha, terutama pariwisata dan perdagangan. Pandemi juga diprediksi bakal melemahkan aliran investasi.

    "Kondisi global yang belum membaik akan menurunkan minat investor untuk melakukan investasi di Indonesia, seiring dengan melemahnya permintaan global atas produk domestik dan terbatasnya permintaan domestik," tulis BI dalam laporannya.

    "Dengan risiko tersebut, Bank Indonesia merevisi kembali prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia 2020 menjadi 4,2-4,6 persen," lanjutnya.


    Menunggu Ekonomi Global Pulih

    Menurut BI perekonomian Indonesia baru bisa menguat lagi setelah dunia pulih dari pandemi Covid-19.

    "Pertumbuhan ekonomi global 2021 diprakirakan kembali meningkat seiring dengan pemulihan ekonomi global pasca berakhirnya tekanan Covid-19. Pemulihan ekonomi global yang mendorong aktivitas perdagangan dunia dan harga komoditas global akan memberikan peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan kinerja sektor eksternal," tulis BI dalam laporannya.

    Seandainya pandemi Covid-19 sudah mereda, BI memprediksi ekonomi Indonesia bisa kembali tumbuh di kisaran 5,5-6,1 persen pada tahun 2021 mendatang.

    Namun, BI mengingatkan bahwa sekarang ini semua pihak masih harus waspada.

    "Dampak Covid-19 perlu terus dicermati, mengingat sampai dengan laporan ini disusun penyebaran Covid-19 terus berlangsung sehingga berpotensi menurunkan pertumbuhan ekonomi global lebih dalam, termasuk potensi dampaknya ke perekonomian Indonesia," tegas BI. 

    Editor: Agus Luqman

  • COVID-19
  • ekonomi
  • pariwisata
  • investasi
  • Ekspor

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!