BERITA

Agar Layanan Tetap Jalan, Puluhan Petugas RS Mitra Keluarga Dipekerjakan Kembali

"Petugas kembali dipekerjakan setelah mendapat saran langsung dari Menteri Kesehatan Agus Terawan. "

Agar Layanan Tetap Jalan, Puluhan Petugas RS Mitra Keluarga Dipekerjakan Kembali
Suasana RS Mitra Keluarga Depok, Senin (2/3/2020). (Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha)

KBR, Jakarta - Pemerintah Kota Depok Jawa Barat menyatakan puluhan petugas Rumah Sakit Mitra Keluarga sudah bekerja kembali.

Mereka sebelumnya dirumahkan sementara lantaran diduga telah melakukan kontak fisik dengan pasien positif terkena virus corona penyebab penyakit COVID-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono mengatakan puluhan petugas itu akan melewati serangkaian pemeriksaan laboratorium untuk memastikan kondisi dan status mereka.

"Itu kan data dari Rumah Sakit Mitra. Itu juga belum tentu, belum tentu terkena virus begitu. Karena belum dinyatakan positif atau tidak. Nanti rencananya kalau sudah ada by name by address-nya, itu bisa dilakukan pemeriksaan oleh petugas pemeriksaan laboratoriumnya," kata Hardiono ketika dihubungi KBR, Senin (2/3/2020).

Hardiono mengatakan petugas kembali dipekerjakan setelah mendapat saran langsung dari Menteri Kesehatan Agus Terawan. 

Selain itu juga untuk memastikan pelayanan rumah sakit tetap berjalan.

"Pak Menteri bilang jangan dipulangkan. Cukup pakai masker. Kecuali dia positif (Covid-19)," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Depok Muhammad Idris Abdul Somad mengatakan 70-an petugas kesehatan di Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok diduga melakukan kontak langsung dengan dua orang warga yang positif terinfeksi COVID-19. 

Puluhan petugas rumah sakit itu terlibat kontak fisik sebelum saat pemeriksaan pertama sebulum akhirnya pasien dilarikan ke RSPI Sulianti Saroso.

"Tujuh puluh itu bukan berarti positif, tapi yang berinteraksi dengan pasien. Itu dirumahkan dan sedang kita pantau," kata Idris.

Editor: Agus Luqman 

  • virus corona
  • COVID-19
  • Depok
  • Jawa Barat
  • terawan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!