BERITA

Presiden Prancis Akan Kunjungi Indonesia, Pertama dalam 30 Tahun

Presiden Prancis Akan Kunjungi Indonesia, Pertama dalam 30 Tahun


KBR, Jakarta - Presiden Prancis Francois Gerard Georges Nicolas Hollande berencana mengunjungi Indonesia pada akhir Maret mendatang.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan dalam kunjungan Presiden Francois Hollande itu akan dibahas banyak hal, terutama isu maritim dan ekonomi kreatif. Hal utama yang akan dibahas antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Hollande adalah peningkatan kerjasama ekonomi.


Untuk mempersiapkan kedatangan Presiden Francois Hollande, Retno Marsudi sudah bertemu Menteri Luar Negeri dan Pembangunan Internasional Prancis, Jean Marc Ayrault yang berkunjung ke Indonesia.


"Kunjungan Menteri Luar Negeri Perancis ini antara lain dilakukan untuk persiapan rencana kunjungan Presiden Perancis ke Indonesia, pada akhir Maret 2017. Ini akan menjadi kunjungan yang sangat bersejarah setelah lebih dari 30 tahun tidak ada kunjungan Presiden Perancis ke indonesia," kata Retno di kantornya, Selasa (28/2/2017).


Retno mengatakan, pertemuannya dengan Aryault hanya membicarakan isu seputar peningkatan kerja sama ekonomi.


Selain itu, Menlu Prancis Jean Marc Ayrault juga melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Joko Widodo.


Di Istana Merdeka, Menlu Ayrault dan Menteri ESDM Ignasius Jonan menjadi saksi dalam penandatanganan kerja sama dua negara di bidang energi dan energi baru terbarukan. Sementara di kantor Kemenlu, RI-Prancis menandatangani dua nota kesepahaman yakni soal pelatihan diplomatik dan keantariksaan.


Pada 2016, perdagangan Indonesia-Prancis meningkat menjadi USD 2,34 miliar dari USD 2,3 miliar di tahun sebelumnya. Dari segi investasi Perancis di Indonesia, memang mengalami penurunan sejak 2014. Saat itu, total investasi Perancis yang masuk senilai USD 200,2 juta dalam 150 proyek, sedangkan pada 2015 nilainya hanya USD 131,6 juta dalam 197 proyek.


Editor: Agus Luqman 

  • Prancis
  • Presiden Prancis
  • Francois Hollande
  • Retno Marsudi
  • kerjasama ekonomi
  • kerjasama bilateral
  • Presiden Joko WIdodo
  • Jokowi
  • Presiden Jokowi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!