BERITA

KLHS Reklamasi Teluk Jakarta Rampung, Siap Diuji Publik

"Ada beberapa hal-hal yang mencuat dan bisa diuji dan dikaji oleh masyarakat, terutama soal ketersediaan air minum, pipa bawah laut, pengelolaan sampah dan limbah cair. "

Yudi Rachman

KLHS Reklamasi Teluk Jakarta Rampung, Siap Diuji Publik
Ilustrasi reklamasi teluk Jakarta. (Foto: ANTARA)


KBR, Jakarta - Badan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi DKI Jakarta dan Bappeda akan melakukan uji publik terkait KLHS Ranperda Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantura yang sudah rampung.

Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Kebersihan Badan Lingkungan Hidup Daaerah Provinsi DKI Jakarta, EP Fitratunnisa mengatakan ada beberapa hal-hal yang mencuat dan bisa diuji dan dikaji oleh masyarakat, terutama soal ketersediaan air minum, pipa bawah laut, pengelolaan sampah dan limbah cair.


Selain itu, tim perumus juga sudah menyiapkan mitigasi bencana terkait tata ruang kawasan strategis pantura tersebut.


"Isu-isu strategis yang muncul antara lain misalnya land subsidence (penurunan permukaan tanah), banjir atau rob, integrasi sosial, adanya gangguang terhadap jaringan terhadap pipa bawah laut. Ketersediaan air minum, air bersih kemudian pengelolaan sampah dan limbah cair," kata Fitratunnisa kepada KBR, Senin (6/3/2017).


Baca juga:


"Bagaimana mitigasinya bencanya itu bisa terurai. Bagaimana caranya nanti mitigasi bencana itulah yang nanti akan dimasukkan dalam Ranperda-nya," kata Fitratunnisa.


Fitratunnisa menambahkan, nantinya hasil KLHS akan dibawa ke Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mendapatkan persetujuan. Jika tidak ada masalah, maka KLHS ini bisa dijadikan acuan bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan pengembang dalam melakukan reklamasi di Teluk Jakarta.


"Keputusannya bukan di Dinas Lingkungan Hidup, kami hanya memberikan isu strategis. Bisa tidak ini tertangani, harus bisa tertangani seperti apa. Ini akan dimasukkan dalam regulasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi. Setelah FGD, bisa dilakukan validasi dan mengajukan ke Kementerian LHK untuk dilakukan validasi, setiap prosesnya dilaporkan ke KLHK," ujarnya.


Baca juga:


Editor: Agus Luqman 

  • reklamasi teluk jakarta
  • reklamasi
  • KLHS
  • KLHS Teluk Jakarta
  • RTR Kawasan Strategis Pantura

Komentar (3)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Peri Ramdani7 years ago

    saya sgt mendukung sekali dilakukan uji publik, agar masyarakat juga mengetahui dan mengerti serta memaklumi kenapa reklamasi itu penting dilakukan di teluk Jakarta. smeoga saja apa yg menjadi harapan bersama dpt terwujud dgn baik dan sempurna

  • pedagang cina7 years ago

    kelanjutan reklamasi sangatlah ditunggu2 oleh masyarakat di pesisir pantai jakarta, kebanyak mereka itu berharap dgn dilaksanakannya proyek tsb dpt terbuka lapangan kerja baru bagi warga serta terwujudnya penataan pantai yg bersih, indah dan modern

  • Abang dulloh juragan jengkol7 years ago

    sebagai warga jakarta yg butuh perubahan bagi ibukotanya utk lbh maju dan modern sebagai ibukota negara ini, sdh selayaknya mari kita dorong dan dukung program kerja pemerintahan Jokowi-JK utk melanjutkan kembali proyek reklamasi 17pulau dan tanggul raksasa (NCICD) di teluk Jakarta