BERITA

2017-03-01T13:03:00.000Z

Besok Presiden Undang Ormas Islam Bertemu Raja Salman

""Pemerintah memohon maaf yang sebesar-besarnya, tidak mungkin mengundang semua ormas, karena jumlah ormas itu ratusan jumlahnya tentu tidak bisa, karena tempatnya terbatas""

Besok Presiden Undang  Ormas Islam Bertemu Raja Salman
Sejumlah siswa Sekolah Dasar (SD) memegang bendera untuk menyambut kedatangan Raja Salman di sekitar Istana Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3). (Foto: Antara)


KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo akan mengundang tokoh  dan ormas Islam untuk bertemu dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud di Istana, Kamis (2/3) besok. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, Raja Salman direncanakan akan menghadiri pertemuan tersebut setelah mengunjungi Masjid Istiqlal.

Lukman menyebut lebih dari 20 ormas Islam diundang dalam forum itu. Namun, ia tidak menjawab ketika ditanya tentang kemungkinan FPI masuk dalam daftar ormas yang diundang.

"Ya ada beberapa yang tentu yang selama ini menjadi bagian dari MUI, ada pimpinan MUI dan beberapa ormas-ormas Islam. Tentu pemerintah memohon maaf yang sebesar-besarnya, tidak mungkin mengundang semua ormas, karena jumlah ormas itu ratusan jumlahnya tentu tidak bisa, karena tempatnya terbatas dan waktunya juga sangat terbatas sehingga memang tidak ada pilihan. Ya representasi lah, beberapa yang sifatnya perwakilan saja. (Muhammadiyah, NU?) ya seperti itu kurang lebih. (FPI?) Jadi itu terus yang nanti list-nya yang secara persis akan kita matangkan," kata Lukman di kompleks Istana, Rabu (1/3/2017).


Lukman Hakim juga enggan merespon informasi bahwa Rizieq Syihab bakal bertemu dengan Raja Salman.


"Jadi segala sesuatu dengan hal ini, dipersiapkan oleh Kemenlu dan pihak dari pemerintah Saudi Arabia tentu atas persetujuan kedua belah pihak, dan ini yang terus kita matangkan sampai pagi ini," ujar dia.


Lukman menambahkan, pertemuan tersebut akan membincangkan tentang peran agama dalam menciptakan perdamaian di dunia. Selain itu, juga akan dibahas tentang upaya menanggulangi terorisme dan ekstrimisme.


"Intinya adalah bagaimana agama betul-betul dimanfaatkan untuk menjadi landasan dasar kita sekaligus tujuan untuk menciptakan peradaban dunia yang penuh   kedamaian. Upaya kita untuk menanggulangi tindak kekerasan, misalnya terorisme, ekstrimisme, itu hal-hal yang lebih kita akan teguhkan melalui pertemuan tadi itu," lanjutnya.


Selain dengan ormas Islam, Raja Salman juga dijadwalkan bertemu dengan tokoh lintas agama pada Jumat (3/3) siang selepas salat Jumat. Menurut Lukman, tempat pertemuan masih dalam pembahasan.


"Lintas agama itu Jumat, setelah salat Jumat. (Di Istana juga?) Tempatnya masih kita jajaki kemungkinannya," ucap Lukman. 

Sekitar pukul 13 Rabu siang, Raja Salaman mendarat di Bandara Halim Perdanakusumah. Presiden Joko Widodo menyambut langsung Raja Salman di bawah tangga pesawat.

Editor: Rony Sitanggang

  • Raja Salman bin Abdulaziz
  • presiden joko widodo
  • menteri agama lukman hakim syaifuddin

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!