BERITA

Aktivis Kendeng: Kita Semua Akan Mati, Cuma Jalan Mana yang Akan Dipilih...

Aktivis Kendeng: Kita Semua Akan Mati, Cuma Jalan Mana yang Akan Dipilih...


KBR, Jakarta - Delapan aktivis dari berbagai organisasi kemanusiaan dan lingkungan menggelar aksi semen kaki di depan Istana Merdeka, pada Rabu (22/3/2017).

Koordinator LSM KONTRAS, Yati Andriyani yang turut menyemen kakinya mengatakan, aksi ini merupakan kelanjutan dari protes mereka terhadap pembangunan dan penambangan pabrik semen di Pegunungan Kendeng.


Selain itu, aksi para aktivis itu juga untuk melanjutkan perjuangan Patmi, peserta aksi semen kaki yang meninggal dunia, pada Selasa (21/3/2017).


"Bu Patmi melakukan perjuangan yang sangat besar, dan perjuangan mereka adalah perjuangan melawan mafia hukum, dan korporasi yang mengendalikan negara. KONTRAS tentu saja hadir untuk mereka yang hak-haknya dirampas negara. Dan hari ini, kita ingin sampaikan pada negara, Presiden, penyelenggara negara, masyarakat, bahwa ini adalah bentuk, simbol, perjuangan Ibu Patmi yang tidak selesai," kata Yati di depan Istana Merdeka, Rabu (22/3/2017).


Yati mengatakan, aksi itu untuk melanjutkan aksi semen kaki para petani Pegunungan Kendeng yang sempat terhenti, karena Patmi meninggal.


Yati mengatakan meninggalnya Patmi tidak akan menghentikan aksi petani menolak pabrik semen di Kendeng. Meninggalnya Patmi justru memperbesar semangat para petani serta menggalang dukungan yang dari besar masyarakat.


Selain Yati, aktivis yang menyemen kaki itu di antaranya Sekjen Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) Dewi Kartika, Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta Alghifari Aqsha, Koordinator Jaringan Antitambang (JATAM) Merah Johansyah, serta Direktur LBH Bandung Willy Hanafi.


Selain mereka, ada seratusan orang dari masyarakat sipil dan lembaga swadaya masyarakat turut hadir dalam aksi solidaritas tersebut.


Baca juga:


Memperbesar momentum


Para petani Pegunungan Kendeng yang menolak kehadiran pabrik semen PT Semen Indonesia di Rembang Jawa Tengah tidak merasa patah semangat dengan meninggalnya Patmi, salah seorang peserta aksi dipasung semen.


Anggota Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK) Koko mengatakan para petani justru lebih termotivasi untuk terus melanjutkan aksi menyemen kaki di depan Istana Merdeka.


Koko mengatakan rekannya, Patmi ibarat padma atau bunga bagi para petani Kendeng. Meninggalnya Patmi justru memperbesar semangat petani memperjuangkan tanah leluhurnya.


"Kita semua pasti akan mati. Cuma, kita yang bisa memilih jalan mana yang akan dipilih, jalan mencintai ibu pertiwi atau mendurhakai bumi pertiwi," kata Koko di Kantor LBH Jakarta, Selasa (21/3/2017).


Koko mengatakan, bagi petani Kendeng, meninggalnya Patmi merupakan momentum untuk memperbesar semangat mencari keadilan atas nasib mereka sendiri, karena sampai saat ini tidak ada pembelaan dari pemerintah.


"Semoga dengan pulangnya Bu Patmi, seorang penjuang perempuan yang tangguh dan berani dari Pegunungan Kendeng menjadi awal momentum muncul dan tumbuhnya bunga perlawanan dari seluruh penjuru nusantara," lanjut Koko.


Untuk sementara waktu para petani Kendeng akan kembali ke Pati dan Rembang, Jawa Tengah karena mereka tengah dalam masa berkabung. Namun, kata Koko, setelah itu para petani itu akan kembali ke Jakarta untuk menggelar aksi menyemen kaki jilid ketiga di depan Istana Merdeka.


Baca juga:


Editor: Agus Luqman 

  • Yu Patmi
  • Patmi bin Rustam
  • pegunungan kendeng
  • rembang
  • Jawa Tengah
  • Dipasung Semen Jilid II
  • Ganjar Pranowo

Komentar (3)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Bara7 years ago

    Kematian adalah sesuatu yang pasti, tetapi memilih jalan menyiksa dan menyakiti diri itu hal yang dilarang

  • riki7 years ago

    Demi ke adilan apa aja yg kita lakukan selama hak kita bisa kembali,

  • Bambang7 years ago

    Orang Pati menolak pabrik semen Rembang. Harusnya kan menolak pabrik semen yg di Pati (PT SMS). Faktanya: Lahan semen Rembang termasuk kawanan yg dapat dibudidayakan/boleh ditambang krn tidak akan mengganggu sistem akuifer. Lahannya tandus lagi. Lahan yg di Pati masuk kawasan karts yg dilindungi (Kep ESDM 2641 K/40/MEM/2014).