BERITA

Titik Panas di Riau Meningkat

"BMKG Pekanbaru memastikan peningjatan titik panas hingga hampir 4 kali lipat dibanding kemarin pagi. "

Sasmito

Titik Panas di Riau Meningkat
Ilustrasi foto: Antara

KBR, Jakarta- Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika BMKG mencatat sebanyak 11 titik panas terpantau di Riau pada hari ini, Kamis (10/3/2016). Juru bicara BMKG Bandara Pekanbaru, Slamet Riyadi mengatakan, jumlah tersebut meningkat hampir 4 kali lipat dari titik panas kemarin pagi. Kata dia, kondisi ini rawan terjadi kebakaran karena cuaca hari ini masih kering terutama di pesisir.

"Di Riau ada 11 antara lain Bengkalis 3, Indragiri Hulu 2, Ka mpar 1, Rokan Hilir 1 , Siak 1  dan Dumai 2. Yang level confident ada 1 yaitu di lokasi Hilir," jelasnya. 


Slamet Riyadi menambahkan kondisi ini sudah dilaporkan ke pihak-pihak terkait sehingga sudah ada pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Titik panas juga menyebar di daerah Sumatera lain . Yakni Sumatera Utara 5 titik panas, Jambi 3, Kepulauan Riau dan Lampung masing-masing 2 titik panas, serta Sumatera Barat dan Sumatera Selatan masing-masing 1 titik panas. 

Pemerintah Provinsi Riau pada Senin (7/3/2016) menetapkan status Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan yang berlaku sampai tiga bulan ke depan. Dinas Kesehatan setempat mulai mewaspadai dampak kabut asap yang disebabkan kebakaran lahan gambut di sejumlah wilayah kabupaten dan kota.

Sejauh ini ada enam kabupaten dan kota yang dilanda kebakaran, yaitu Kabupaten Bengkalis, Meranti, Rokan Hilir, Pelalawan, Siak, dan Dumai. 

Editor: Malika

  • titik panas & api
  • Riau
  • kabut asap
  • riau siaga darurat karhutla

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!