BERITA

Pengamat : Kaburnya Labora Tanggung Jawab Yasonna

Pengamat : Kaburnya Labora Tanggung Jawab Yasonna

KBR, Jakarta - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dinilai sebagai orang yang paling bertanggungjawab atas kasus kaburnya Labora Sitorus beberapa hari yang lalu. Direktur Central Detention Studies (CDS), Ali Aranoval beralasan, Kemenkumham selama ini hanya menggunakan cara pemadam kebakaran terkait masalah serupa.

Padahal kata dia, ada permasalahan sistematis di dalam rumah tahanan yang sudah berlangsung hampir 50 tahun. Permasalahan itu mulai dari lemahnya manajemen pengawasan hingga kurang kompetennya petugas rumah tahanan di semua sektor.


“Masalahnya sistem pengawasan di divisi sebagai kewenangan pengawasan juga tidak berjalan. Organisasi divisi pemasyarakatan di kanwil itu sedikit sekali hanya dua bidang sedangkan dia harus membawahi beberapa UPT yang pekerjaannya cukup banyak dan variatif, mulai dari Bapas, Lapas, Rutan. Sehingga pekerjaan pengawasan dan pengendalian dari kanwil tidak ada sama sekali,” ujarnya kepada KBR saat dihubungi.


Ali Aranoval menambahkan, masalah lain yang harus dibenahi oleh Kemenkumham adalah soal kelebihan kapasitas. Kata dia, soal ini terjadi di semua rumah tahanan di Indonesia. Hal itu kata dia kerap menjadi penyebab masalah-masalah di dalam tahanan. Mulai dari tahanan kabur hingga bentrok antar tahanan. Dia optimistis, apabila permasalahan ini bisa dibenahi oleh Kemenkumham, maka tidak akan ada lagi kasus serupa dikemudian hari.


Sementara itu, Polres Sorong hingga saat ini masih belum memiliki perkembangan terbaru soal pencarian narapidana korupsi Labora Sitorus. Meski demikian, Kapolres Sorong Karimudin Ritonga menyebut pencarian masih terus dilakukan.


"Perkembangan masih belum ada dan LS masih terus dicari," ungkap Karimudin lewat pesan singkat kepada KBR (6/3/2016)


Sebelumnya, Polres Sorong menyatakan kemungkinan akan memperluas area pengejaran narapidana korupsi Labora Sitorus. Karimudin Ritonga menyebut, tak menutup kemungkinan pencarian dilakukan hingga ke luar Sorong, bahkan Papua.

Sementara soal pengejaran, Karimudin mengatakan pengejaran ini menjadi tugas Kementerian Hukum dan HAM. Sebab Labora berstatus sebagai tahanan Lapas Sorong, Papua yang ada di bawah kementerian milik Yasonna Laoly. 


Editor : Sasmito Madrim

  • Labora Sitorus
  • Polres Sorong
  • Ali Aranoval
  • Kemenkumham
  • dirjen lapas

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!