BERITA

Menko Darmin: Ekonomi Nasional Mulai Membaik

"“Semua ini masih menunjukkan ekspor bergerak. Artinya beberapa bulan ini menunjukkan tanda-tanda naik secara berkesinambungan."

Dian Kurniati

Menko Darmin: Ekonomi Nasional Mulai Membaik
Menko Perekonomian Darmin Nasurion. (Foto: KBR/Setkab Jay)

KBR, Jakarta– Pemerintah menyatakan ekonomi nasional semakin membaik jika dilihat dari nilai ekspor-impor selama dua bulan tahun 2016. Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution  mengatakan, besaran ekspor sudah menunjukkan perbaikan, meski nilai impornya masih perlu diperbaiki.



“Semua ini masih menunjukkan ekspor bergerak. Artinya beberapa bulan ini menunjukkan tanda-tanda naik secara berkesinambungan. Sementara impornya, mungkin barang modal belum banyak. Tapi sebetulnya kalau ekonomi kita berjalan naik, impornya pelan-pelan juga akan naik. Jadi ya, ekonominya membaik,” kata Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution  di kantornya, Selasa (15/03/16).



Darmin mengatakan, sejak awal  2016 nilai  ekspor semakin membaik. Meski begitu, kata dia, besaran impor yang masih lemah perlu didorong agar membaik. Meski begitu, Darmin optimistis nilai impor itu akan naik secara bertahap.



Hari ini, Badan Pusat Statistik mengumumkan neraca perdagangan Indonesia pada Februari 2016 yang surplus USD 1,15 miliar. Pada Februari 2016, nilai ekspor Indonesia sebesar USD 11,3 miliar dan impornya USD 10,16 miliar. Pencapaian itu didorong oleh surplus di sektor minyak dan gas dan ekspor nonmigas yang naik. Nilai ekspor Februari 2016 di sektor nonmigas USD 1,14 miliar dan di sektor migas USD 0,01 miliar. 


Editor: Rony Sitanggang

  • perekonomian nasional
  • Darmin Nasution
  • surplus ekspor

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!