BERITA

Leonardo DiCaprio Ingatkan Petisi Selamatkan Leuser

"Leonardo DiCaprio Foundation aktif melindungi konservasi hutan Sumatera."

Citra Dyah Prastuti

Leonardo foto bareng gajah di Aceh. (Foto: Facebook Fan Page Leonardo DiCaprio)
Leonardo foto bareng gajah di Aceh. (Foto: Facebook Fan Page Leonardo DiCaprio)

KBR, Jakarta – Aktor Leonardo DiCaprio hari ini mengunggah fotonya bersama gajah, hasil dari kunjungannya ke Taman Nasional Gunung Leuser. 

Kunjungan ini dilakukan tanpa banyak publikasi, pada hari Minggu (27/3/2016), bersama LSM lingkungan Haka. Informasi soal kedatangan Leonardo dimuat pertama kali di laman resmi Taman Nasional Gunung Leuser.

Di halaman Facebooknya, Leo menulis,”Hutan di ekosistem Leuser dikenal sebagai salah satu habitat terbaik yang tersisa bagi gajah Sumatera. Dalam hutan ini, jalur migrasi gajah masih dilalui oleh kelompok gajah Sumatera liar di sini. Tapi perluasan kebun sawit memotong koridor migrasi gajah ini, sehingga gajah kesulitan mencari air dan makanan.”

Leo juga mencantumkan link menuju petisi perlindungan Leuser yang dimuat di Change.org. Petisi ini ditujukan kepada Presiden Joko Widodo, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo serta Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan Ketua DPR Aceh Muharuddin. Petisi ini menyebut Gubernur Aceh telah mengambaikan UU tentang Penataan Ruang serta UU tentang Pemerintahan Aceh. Kementerian Dalam Negeri sebelumnya telah meminta Gubernur Aceh untuk memasukkan Kawasan Leuser ke dalam Kawasan Strategis Nasional (KSN). Namun RTRW Aceh 2013-2033 disahkan tanpa menerapkan perubahan dan penyempurnaan itu. 

Saat ini, Kawasan Ekosistem Leuser sudah mulai dieksploitasi dan pertambangan bermunculan di sana. Sementara itu, izin perkebunan ribuan hektar juga terus diterbitkan, sungai mengering saat kemarau dan banjir saat hujan.

Dalam kunjungannya hari Minggu lalu ke Taman Nasional Gunung Leuser, Leonardo DiCaprio dan rekan aktor lainnya, Adrien Brody dan Fisher Stevens melihat langsung keanekaragaman hayati di Stasiun Penelitian Ketambe, Kabupaten Aceh Tenggara. Di sana, mereka bertemu tiga orangutan Sumatera dewasa dalam kunjungan 2 jam di sana. 

Selain sebagai aktor, Leonardo DiCaprio juga aktif di bidang lingkungan. Ia mendirikan Leonardo DiCaprio Foundation yang aktif mendukung kegiatan konservasi di seluruh dunia. Di Indonesia, yayasan ini membantu konservasi di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh dan hutan Aceh.  Sebelumnya, LeonardoDiCaprio Foundation pernah menyumbang Rp 90 miliar untuk program pelestarian lingkungan, termasuk untuk pelestarian 2,63 juta hektar hutan di Sumatera. Leonardo juga pernah menyumbang sebesar USD 25 juta untuk kampanye penyelamatan daerah dan satwa liar di seluruh dunia. 

  • leonardo dicaprio
  • hutan Sumatera

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!