Kerjasama Pertahanan Jerman dan Tiongkok Tak Pengaruhi Politik Luar Negeri

"Kita nggak ikut campurlah soal blok-blok itu. Nggak akan terpengaruh,"

BERITA | NASIONAL

Selasa, 01 Mar 2016 13:48 WIB

Author

Ria Apriyani

Kerjasama Pertahanan   Jerman dan Tiongkok Tak Pengaruhi Politik Luar Negeri

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu (foto: Antara)

KBR, Jakarta- Pemerintah menegaskan kerjasama Indonesia dengan Jerman dan Tiongkok di bidang pertahanan tidak akan mempengaruhi politik luar negeri Indonesia. Menurut Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, kerjasama ini bukan berarti Indonesia condong pada dua negara tersebut.

"Kita nggak ikut campurlah soal blok-blok itu. Nggak akan terpengaruh," ujar Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu  usai menghadiri rapat paripurna DPR RI, Selasa (01/03/2016).

Katanya lagi, "kita dengan Amerika baik, dengan Cina baik, dengan Rusia juga baik."

Menurut Ryamizard, pengesahan UU tentang Nota Kesepahaman Kerjasama Indonesia dengan Pemerintah Federal Jerman dan Tiongkok semakin memuluskan proses kerjasama. Pihaknya akan berkomunikasi lagi dengan pihak Jerman dan Tiongkok.

Hari ini, rapat paripurna DPR mengesahkan UU tentang Nota Kesepahaman Kerjasama Indonesia dengan Pemerintah Federal Jerman dan Tiongkok di bidang pertahanan.  Kedua UU ini merupakan kelanjutan nota kesepahaman yang telah diteken pemerintah. Persetujuan antara Indonesia dan Pemerintah Republik Rakyat Cina tentang Kerjasama Aktivitas dalam Bidang Pertahanan diteken pada   7 November 2007 di Beijing. Sedangkan dengan Jerman diteken pada 27 Februari 2012.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kenali dan Obati Katarak Sejak Dini

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12