BERITA

Ini Syarat SKK Migas untuk Pembangunan Kilang Gas Blok Masela

"Mengenai lokasi, ada tiga opsi yakni Pulau Babar, Pulau Kei, dan Pulau Aru. Selain masalah keterjangkauan, Amien juga mengatakan, aspek kedalaman palung dan ketersediaan lahan juga penting diperhatika"

Gabriella Ria

Ini Syarat SKK Migas untuk Pembangunan Kilang Gas Blok Masela
Kantor Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Antara Foto

KBR, Jakarta - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan pemilihan lokasi pembangunan kilang gas Blok Masela harus memperhatikan kemudahan akses transportasi. Sedangkan mengenai kepastian lokasinya, Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi menyerahkan sepenuhnya pada Inpex Corporation sebagai kontraktor. Pasalnya kata dia, saat ini, Inpex tengah menghitung ulang rencana pembangunan kilang tersebut.

"Yang perlu diingat meskipun ini on shore, tapi nantinya tetap akan ada kapal besar di laut. Ini kan akan ada banyak tenaga kerja. Pasti butuh logistik. Maka perlu dipikirkan bagaimana pengirimannya. Pelabuhan jadi faktor yang penting," kata Amien, Kamis (24/03/2016).


Mengenai lokasi, ada tiga opsi yakni Pulau Babar, Pulau Kei, dan Pulau Aru. Selain masalah keterjangkauan, Amien juga mengatakan, aspek kedalaman palung dan ketersediaan lahan juga penting diperhatikan.


Proyek Blok Masela sebelumnya menuai perdebatan. Menteri ESDM Sudirman Said berpendapat kilang lebih baik dibangun di lepas pantai atau offshore. Sebaliknya, Menko Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli condong pada pembangunan di darat.


Kemarin, Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan keputusannya soal pengelolaan eksplorasi gas Blok Masela. Jokowi memutuskan proyek kilang gas ini akan menggunakan mekanisme darat atau on shore.


Sementara itu, Ketua Komisi Energi DPR RI, Gus Irawan Pasaribu mengkhawatirkan nasib kesepakatan awal Pemerintah dengan pihak kontraktor. Menurutnya, pergeseran mekanisme pengelolaan ini menyebabkan kontraktor harus menghitung ulang biaya produksi. Menurutnya, perubahan keputusan ini juga bisa berdampak pada kepercayaan investor.




Editor: Quinawaty Pasaribu 

  • Blok Masela
  • SKK Migas
  • Inpex Corporation
  • lokasi pembangunan kilang gas
  • on shore

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!