ADVERTORIAL

Jaga Ekosistem, Menteri Siti Hijaukan Tepian Tol Cipali

Siti Nurbaya menghijaukan jalur sepanjang jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) melalui penanaman 300 pohon.

BERITA | NASIONAL

Sabtu, 19 Mar 2016 11:27 WIB

Jaga Ekosistem, Menteri Siti Hijaukan Tepian Tol Cipali

Siti Nurbaya (Foto: KBR)

KBR, Subang - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menghijaukan jalur sepanjang jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) melalui penanaman 300 pohon, Sabtu (19/03).

Penanaman dan pemeliharaan pohon ini, menjadi salah satu strategi pemerintah menanggulangi degradasi lahan, terutama pada lahan kritis. Hal tersebut, menurut kementerian LHK, juga bermanfaat mencegah bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan kekeringan sekaligus meningkatkan serapan karbon.

Pembangunan Tol Cipali dianggap mampu memperluas lahan terbuka, lantaran telah membuka lahan kawasan hutan, pertanian, perkebunan dan lahan milik masyarakat seluas lebih dari 1000 hektar. Untuk itu, penanaman pohon di kanan dan kiri jalan Tol Cipali dinilai mampu memulihkan tutupan lahan terbuka. Upaya ini juga akan mengembalikan fungsi perlindungan tata air, pengamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan Tol Cipali.

Penanaman pohon di kanan-kiri Jalan Tol Cipali dilakukan sejak November 2015 sepanjang 116,75 Km dengan jenis dominan pohon Trembesi sebanyak 12.979 batang. Selain itu telah ditanam pula 1.000 batang pohon lain, seperti mahoni, kayu manis, eukaliptus, nyamplung, pisbol, gmelina, damar juga cempaka. Penanaman dilaksanakan oleh Kementerian LHK bekerjasama dengan Perum Perhutani Regional Jawa Barat, PT. Lintas Marga Sedaya (PT. LMS).

Kegiatan tanam 300 pohon di Interchange Subang Km. 109 Tol Cipali pada hari ini (Sabtu, 19/03/2016) sekaligus memperingati Hari Bakti Rimbawan dan Hari Hutan Internasional 2016. Selain Menteri Siti Nurbaya, turut hadir pada kegiatan penanaman tersebut adalah perwakilan Kementerian BUMN, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Bupati Subang Ojang Sohandi, Direktur Utama Perum Perhutani Mustoha Iskandar, Pihak Tol Kementerian PUPR, serta Kepala Dinas Kehutanan Provinsi dan Kabupaten setempat.

Menteri LHK Siti Nurbaya berharap, penanaman di kanan kiri jalan dan Interchange Tol Cipali ini menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berfungsi optimal. Dengan begitu, mampu memperbaiki dan menjaga iklim mikro, menambah nilai estetika kawasan, meningkatkan resapan air tanah, menciptakan keseimbangan dan keserasian tata ruang kota, serta mendukung pelestarian keanekaragaman hayati. Selain itu juga dapat mengurangi efek pemanasan global dan menciptakan lingkungan yang bersahabat.

Editor: Nurika Manan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Cerdik Kelola THR

Kabar Baru Jam 8

Soal Kerumunan, Kegiatan Ibadah dan Ancaman Virus Covid-19 Varian Baru

Jihad itu Sebenarnya Apa Sih?